Hingga pada pukul 23.00 WIB, belum ada tanda-tanda
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Satu orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Galang Edhi Swasono (20), dilaporkan hilang di kawasan Pulau Sempu, Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan, di Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis mengatakan bahwa Galang Edhi hilang di Blok Telaga Lele Pulau Sempu sejak 27 Desember 2023 kurang lebih pukul 11.30 WIB.

"Peristiwa itu dilaporkan pada Kamis (28/12), bahwa seorang mahasiswa IPB hilang di wilayah Kepulauan Sempu, pada Blok Telaga Lele," kata Sadono.

Sadono menjelaskan, berdasarkan laporan yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Malang, Galang Edhi merupakan mahasiswa jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata IPB.

Menurutnya, Galang Edhi bersama sejumlah rekannya, tengah melakukan penelitian di Blok Telaga Lele, kawasan Pulau Sempu. Galang Edhi meninggalkan rombongan pada 27 Desember 2023 kurang lebih pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Pertamina-BBKSDA Jatim lepasliarkan satwa di Cagar Alam Pulau Sempu

Baca juga: ProFauna dan BBKSDA Jatim catat ada 80 jenis burung di Pulau Sempu


Ia menambahkan, Galang Edhi seharusnya sudah kembali bersama rombongan yang melakukan penelitian di Blok Telaga Lele kawasan Pulau Sempu tersebut pada pukul 11.00 WIB. Namun, hingga pukul 11.30 WIB, Galang Edhi tidak kembali ke rombongan.

"Sehingga tim yang ada di sana memutuskan untuk melakukan pencarian. Namun, hingga pada pukul 23.00 WIB, belum ada tanda-tanda dari yang bersangkutan," katanya.

Kemudian, lanjutnya, pihak rombongan dari IPB tersebut melaporkan kejadian itu kepada Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Kepolisian Resor (Polres) Malang dan Pos Angkatan Laut untuk melakukan proses pencarian, pada 28 Desember 2023.

Sebagai informasi, Galang Edhi merupakan mahasiswa laki-laki semester lima di IPB, yang merupakan warga Desa Gunung Langit, Kecamatan Kallibening, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

"Kami juga sudah koordinasikan dengan Basarnas Surabaya," katanya.

Pulau Sempu terletak di wilayah Malang selatan, Jawa Timur, dan merupakan kawasan suaka alam dengan status cagar alam. Penetapan Pulau Sempu sebagai kawasan konservasi alam ditetapkan pada 1928.

Secara administratif Cagar Alam Pulau Sempu terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau Sempu ditetapkan sebagai cagar alam karena memiliki keunikan alam dan kekayaan hayati.

Keragaman jenis tumbuhan di Pulau Sempu juga terbilang tinggi. Menurut data Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur tahun 2009, terdapat 314 jenis tumbuhan di pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut.

Baca juga: Pendakian Gunung Arjuno ditutup akibat kebakaran hutan

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023