lima tahun lalu, kami merawat tiga orang caleg gagal yang mengalami depresi cukup berat
Cianjur (ANTARA) - Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyediakan pelayanan pemulihan mental gratis bagi calon anggota legislatif yang mengalami depresi karena gagal menjadi wakil rakyat setelah Pemilu 2024.

Ketua YRPJ Ciranjang, Rukman Samsudin di Cianjur Kamis, mengatakan ruangan yang disediakan dapat menampung lima orang caleg depresi karena berkaca pada Pemilu 2019 dimana empat orang caleg gagal menjalani perawatan di yayasan tersebut.

"Tujuannya mensukseskan dan menyiapkan antisipasi setelah Pemilu karena lima tahun lalu, kami merawat tiga orang caleg gagal yang mengalami depresi cukup berat," katanya.

Metode pelayanan yang diberikan secara cuma-cuma bagi caleg gagal itu, ungkap dia, mulai dari pelayanan medis melalui psikiater yang akan memberikan obat, metode bershalawat, dan metode hipnoterapi, sampai kondisi caleg gagal kembali pulih normal.

Baca juga: Psikiater sebut caleg tanpa tujuan jelas rentan alami gangguan mental
Baca juga: Jika ada caleg depresi, RSUD Rangkasbitung siap berikan rujukan


Ia menjelaskan, setelah dirawat di YRPJ diharapkan caleg gagal itu dapat kembali menjalani kehidupan normal seperti biasa tanpa gangguan mental karena tidak terpilih sebagai wakil rakyat.

"Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait termasuk dengan penyelenggara pemilu ketika terdapat caleg yang mengalami depresi setelah pemilu akan kami berikan pelayanan agar mereka kembali sembuh dari gangguan mentalnya," kata Rukmana.

Rukmana menjelaskan, selama ini rumah pulih jiwa telah merawat seratusan lebih orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dari berbagai daerah dan sebagian besar dapat kembali pulih berkat dukungan keluarga dan warga di lingkungan tempat tinggal-nya.

Meski sebagian besar tergantung dengan obat yang harus dikonsumsi agar penyakit jiwa yang mereka derita tidak kembali kumat, namun jarang yang kembali menjalani perawatan di yayasan.

"Sebagian besar sudah sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarga, meski mereka harus mengkonsumsi obat secara rutin agar tidak kembali kumat. Untuk obat bagi ODGJ biasanya dilayani di pusat layanan kesehatan di lingkungan tempat tinggalnya," kata dia.

Baca juga: Caleg stres boleh berobat gunakan BPJS
Baca juga: RSJ Lampung sebut tak ada layanan khusus bagi caleg gagal
Baca juga: Menkes: Bersenang-senang kunci kesehatan jiwa

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023