Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 475 personel Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jakarta Barat siap mengawal pergantian tahun hingga Pemilihan Umum (Pemilu) di wilayah setempat.

"Jadi FKDM kita siap bersama-sama membantu pemerintah dalam rangka memantau perkembangan situasi dan kondisi pada momen tahun baru," ungkap Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat, Mohammad Matsani saat dihubungi di Jakarta pada Kamis.

Kemudian, kata Matsani, secara kelembagaan FKDM juga ikut membantu suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Sebetulnya fungsi tugasnya itu adalah memantau perkembangan kondisi dan memberikan informasi deteksi dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan atau gangguan yang diakibatkan oleh ulah manusia maupun bencana alam baik," kata dia.

Ia melanjutkan, jika ditemukan potensi-potensi destruktif, maka personel FKDM wajib melapor kepada kepala wilayah setempat.

"Di kelurahan kepada lurah, di kecamatan kepada camat dan di tingkat kota kepada wali kota melalui Kesbangpol," kata Matsani.

Potensi destruktif yang dimaksud, kata Matsani, seperti tawuran atau banjir. "Nah itu melapor kepada kepala wilayah setempat," kata dia.

Matsani juga merinci keanggotaan FKDM Jakarta Barat. "Di tingkat kecamatan ada sembilan orang, tingkat kelurahan ada tujuh orang dan tingkat kota ada sebelas," ujar Matsani.

Masing-masing tingkat FKDM tersebut akan melakukan evaluasi kerja dalam pleno anggota.

"Mereka yang mengevaluasi kinerja masing-masing anggotanya melalui pleno anggota. Musyawarah atau mufakat, apabila ada anggota yang tidak aktif atau anggota yang kurang aktif gitu, melalui mekanisme pleno anggota," pungkas Matsani.

Baca juga: FKDM Jakbar: "Jumat Berfaedah" pererat kesatuan dan persatuan warga

Baca juga: Dinkes DKI periksa makanan yang dijual di bazar malam Tahun Baru 2024

Baca juga: Satpol PP DKI siapkan personel dan pos pengamanan di malam tahun baru


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023