Jakarta (ANTARA) - Google dikabarkan tengah kembangkan fitur baru untuk Android Auto dengan memanfaatkan kecerdasan artifisial (AI) serta Google Assistant untuk merangkumkan pesan kepada pengguna yang tengah menyetir mobil.

Hal itu terlihat setelah aplikasi Google versi 14.52 yang diunggah ke Play Store didekompilasi dan ditemukan baris kode untuk fitur ini.

Baca juga: Tampilan "split screen" akhirnya muncul di Android Auto

Fitur baru itu nantinya memanfaatkan kecanggihan AI dan juga kemampuan Google Asisstant sehingga nantinya tampilan notifikasi dari layanan perpesanan tidak terus menerus mengganggu di tampilan Android Auto saat berkendara.

Tidak hanya untuk pesan pribadi, layanan peringkasan pesan yang memanfaatkan AI dan Google Asisstant itu juga berlaku pada pesan dari grup.

Meski begitu, Google menyebutkan karena dirangkum oleh kecerdasan buatan yang juga merupakan teknologi sehingga masih ada kemungkinan kesalahan dari rangkuman tersebut.

Oleh karena itu, untuk memastikan kebenaran pesan yang dirangkum pengguna memang masih harus membaca ulang pesannya setelah tidak berkendara.

Pengguna dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur itu di setelan Android Auto. Meski begitu, aplikasi tersebut masih dalam versi beta sehingga belum diketahui kapan perilisan versi stabilnya untuk layanan global. Demikian dilaporkan pertama kali oleh Google9to5, Rabu (27/12) waktu setempat.

Baca juga: Android Auto bawa Zoom dan Prime ke layar mobil

Baca juga: Google Maps bawa pengaturan khusus untuk pengendara mobil listrik

Baca juga: GM akan hapus Apple CarPlay dan Android Auto di kendaraan listrik

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023