Beijing (ANTARA) - China pada 2024 mendatang akan merilis serangkaian kebijakan untuk menggenjot upaya dalam menarik investasi asing, ungkap seorang pejabat dari badan perencana ekonomi tertinggi negara itu.

China akan berupaya mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh bisnis-bisnis asing saat ini terkait penanaman investasi di negara tersebut, ujar Zheng Chiping, kepala departemen pemanfaatan investasi asing dan investasi outbound yang dinaungi Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China.

China akan mencabut semua pembatasan terhadap investasi asing di sektor manufaktur dan terus meningkatkan keterbukaan sektor jasa, kata Zheng kepada Xinhua dalam sebuah wawancara.

Data resmi menunjukkan bahwa penggunaan aktual investasi asing langsung (foreign direct investment) di China Daratan tercatat di angka 1,04 triliun yuan (1 yuan = Rp2.169) atau sekitar 146,53 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.416) dalam 11 bulan pertama 2023, tetap berada pada level yang tinggi secara historis di tengah lesunya investasi lintas perbatasan global.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023