Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya
menyiapkan penjagaan di sejumlah lokasi yang merupakan pintu masuk menuju DKI Jakarta untuk mencegah konvoi saat malam Tahun Baru 2024.
 
"Nanti kita akan melakukan beberapa titik, bukan penyekatan tapi pengalihan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat.
 
Latif menjelaskan, lokasi penjagaan tersebut, yakni dari arah Bekasi akan dilakukan di Kalimalang. Kemudian dari arah Bogor, penjagaan akan ditempatkan di PGC Jakarta Timur.

Dari arah Pasar Rebo juga akan ada penempatan pos. "Begitu juga dari arah Lenteng Agung, Depok juga akan kita lakukan penempatan sejumlah personel," katanya.
 
Latif juga menambahkan kendaraan yang tetap nekat melakukan konvoi bakal diminta putar balik.
 
"Kegiatan masyarakat yang sekiranya itu akan mengganggu aktivitas masyarakat lainnya seperti konvoi, bak terbuka akan kita putar balikkan," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya imbau warga tak konvoi di malam Tahun Baru 2024
Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan 4.041 personel amankan Natal dan tahun baru
 
Penjagaan tersebut bakal dilakukan mulai Minggu (31/12) sore. "Mulai jam 16.00 WIB penempatan personel sudah di situ," kata dia.
 
Latif juga menambahkan alasan penjagaan tersebut, yakni agar warga melakukan penyambutan tahun baru di daerahnya masing-masing.
 
"Artinya masyarakat beraktivitas di masing-masing kota. Jadi orang Tangerang ya di Tangerang, orang Bekasi ya di Bekasi, orang Depok ya Depok. Harapannya itu, jadi tidak tumpah ruah berada di Jakarta," katanya.
 
Polda Metro Jaya mengimbau warga DKI Jakarta dan sekitarnya tidak melakukan konvoi saat malam Tahun Baru 2024 karena berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban umum.
 
"Untuk tidak dilakukan konvoi atau arak-arakan ya, karena dapat mengganggu kepentingan orang lain," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada pers di Jakarta, Jumat.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023