Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras tim MHU dalam menerapkan praktik pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab ....
Jakarta (ANTARA) - PT Multi Harapan Utama (MHU), anak usaha MMS Group Indonesia (MMSGI), meraih peringkat Proper Hijau dalam gelaran Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras tim MHU dalam menerapkan praktik pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab dan inovatif di seluruh lini operasi perusahaan,” ujar perwakilan Manajemen MHU Ilham Nugraha dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: MMSGI dukung OIKN dalam pembangunan miniatur hutan hujan tropis

Capaian tersebut menandakan praktik pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan pada operasi pertambangan batu bara yang dilakukan perusahaan.

Dengan raihan peringkat Proper Hijau, Perusahaan optimistis MHU menjadi salah satu perusahaan pertambangan batu bara yang terus mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik dan berkelanjutan.

Ilham menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi dorongan bagi MHU untuk terus mengembangkan inovasi pada upaya peningkatan pelestarian lingkungan serta berkontribusi secara positif terhadap masyarakat sekitar area operasi perusahaan.

“Hal ini sejalan dengan visi dan misi serta nilai-nilai inti perusahaan yang dimiliki oleh MHU maupun MMS Group Indonesia,” kata dia.

Gelaran Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan pemerintah untuk pelaku usaha dan para pihak yang memiliki dedikasi tinggi pada pengelolaan lingkungan hidup.

Peringkat Proper Hijau diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah melampaui kriteria pengelolaan lingkungan yang ditetapkan pemerintah, menunjukkan inovasi dan keunggulan dalam pelestarian lingkungan serta kontribusi positif terhadap masyarakat sekitar.

Baca juga: MMS Group beli unit karbon guna dukung ekonomi berkelanjutan Indonesia

Sebelumnya, PT Multi Harapan Utama (MHU) turut mendukung Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis yang merupakan bagian dari prinsip pembangunan IKN untuk memiliki kapasitas lebih dari 65 persen kawasan hutan tropis.

Program reforestasi IKN ditandai dengan pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis pada lahan seluas 97 hektare yang terdiri dari areal hutan hujan tropis, Rumah Galeri, taman hutan, dan area pendukung lainnya.

Dalam konteks itu, MHU mengembangkan 30 hektare area Miniatur Hutan Hujan Tropis. Selain itu, MHU juga andil dalam pembangunan kawasan hutan lindung seluas 1.000 hektare.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023