Dengan predikat lingkungan baik, tentu bisa mendatangkan kepercayaan dunia internasional, termasuk investor.
Jakarta (ANTARA) - Institute for Development of Economic and Finance (Indef) menyatakan keberhasilan Pertamina meraih 34 Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan meningkatkan kepercayaan investor internasional ke BUMN tersebut.

"Dengan predikat lingkungan baik, tentu bisa mendatangkan kepercayaan dunia internasional, termasuk investor,” kata Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, banyaknya anugerah Proper Emas yang diterima Pertamina, memberikan manfaat ekonomi bagi perusahaan, apalagi sebelumnya juga berhasil menduduki peringkat pertama dunia Environmental, Social and Governance (ESG) untuk kategori perusahaan migas.

Dalam hal ini, katanya lagi, para investor internasional akan semakin melirik Pertamina untuk menanamkan investasinya, sebab mereka sangat peduli terhadap isu lingkungan, sehingga dalam berinvestasi pun mereka akan mencari perusahaan yang dinilai peduli terhadap lingkungan.

"Begitu pula sebaliknya. Investor bisa menjauhi suatu perusahaan, meski secara finansial sebenarnya menguntungkan. Penyebabnya, hanya karena perusahaan tersebut dinilai tidak peduli lingkungan," ujarnya melalui sambungan telepon.

Dengan berinvestasi kepada perusahaan yang peduli lingkungan, ujarnya lagi, juga merupakan cara bagi investor dalam berkontribusi memperbaiki lingkungan.

Tauhid menegaskan tidak hanya investor, namun lembaga pembiayaan dan bank internasional pun memiliki paradigma yang sama oleh karena itu saat ini model pembiayaan hijau sudah menggeser model pembiayaan konvensional.

Jadi, katanya pula, banyaknya penghargaan lingkungan sangat menguntungkan perusahaan, karena Pertamina pun dinilai lebih leluasa mengembangkan bisnisnya misalnya akan lebih mudah bermitra dengan berbagai perusahaan, seperti di Timur Tengah dan Eropa.

Pada 23 Desember 2023 lalu Pertamina kembali meraih anugerah bidang lingkungan. Dalam hal ini, Pertamina dan anak perusahaannya memperoleh 34 penghargaan Proper Emas dan 76 Proper Hijau oleh KLHK.

Penerimaan anugerah Proper tersebut, hanya berselang sekitar tiga pekan setelah meraih peringkat satu dunia dalam sub-industri Integrated Oil and Gas kategori Risiko Environmental, Social, Governance (ESG).

Sebagai peringkat pertama ESG dunia, Pertamina memimpin skor tertinggi dari 61 perusahaan dunia, berdasarkan peringkat dari Lembaga ESG Rating Sustainalytics.
Baca juga: Pertamina Hulu Energi boyong 12 predikat PROPER Emas
Baca juga: Terima Proper KLHK, Pertamina Patra Niaga diakui komitmen hijaunya

Pewarta: Subagyo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023