Pasokan BBM di Medan dalam kondisi aman dan lancar. Masyarakat dapat menikmati masa libur tanpa ada kendala
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyebutkan pasokan dan stok BBM di Medan, Sumatera Utara, berjalan lancar dan dalam kondisi aman menjelang Tahun Baru 2024.

"Pasokan BBM di Medan dalam kondisi aman dan lancar. Masyarakat dapat menikmati masa libur tanpa ada kendala," kata Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra di sela kunjungan ke sejumlah SPBU di Medan, Sumut, Kamis (28/12), seperti dikutip dari rilis BPH Migas di Jakarta, Jumat.

Untuk mengamankan pasokan BBM selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara telah melakukan sejumlah persiapan seperti menyiapkan lima instalasi terminal BBM untuk menyuplai bahan bakar ke SPBU.

Instalasi itu berada di Belawan-Labuhandeli, Kota Siantar, Sibolga, Kisaran, dan Nias. Selain itu, ada juga penambahan pasokan bahan bakar dari Kilang Dumai, Riau, yang diangkut dengan kapal menuju Sumut.

Selain memantau SPBU, Yapit juga mengunjungi Terminal BBM Medan Grup, Belawan. Dari kunjungan ini diketahui kegiatan illegal tapping yang sempat marak, kini telah mereda.

"Dengan dukungan TNI AL khususnya marinir, kegiatan ilegal melubangi jalur pipa minyak (illegal tapping) sudah tidak terjadi selama dua minggu belakangan ini, kita berharap kerja sama antara Pertamina Patra Niaga dengan TNI bisa terus ditingkatkan dan masyarakat bisa sadar untuk ikut mengamankan jalur pipa tersebut agar distribusi BBM wilayah Sumatera Utara dan sebagian Aceh bisa berjalan lancar," katanya.

Terminal BBM Medan Grup merupakan urat nadi utama penyaluran BBM PT Pertamina Patra Niaga MOR I untuk dua provinsi yakni Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

BPH Migas juga memberikan apresiasi kegiatan sosial berupa khitanan massal untuk anak-anak di sekitar Terminal BBM Medan Grup.

Baca juga: BPH Migas pastikan pasokan BBM aman hingga tahun baru

Baca juga: BPH Migas-Pertamina pastikan pasokan BBM di Lampung aman

Baca juga: BPH Migas dukung kelancaran layanan BBM transportasi laut

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023