akan berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan Garnisun
Jakarta (ANTARA) -
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Jakarta Timur mengerahkan 652 personel untuk mengamankan malam pergantian tahun di sejumlah titik yang berada wilayahnya.
 
"Untuk Jakarta Timur kami mengerahkan 652 personel. Tersebar di lima titik prioritas," kata Kepala Satpol-PP Jaktim Budhy Novian ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.
 
Dalam membantu pengamanan pergantian malam Tahun Baru, Satpol PP akan berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan Garnisun.
 
Titik pertama, lanjut dia, personelnya akan membantu pengamanan perayaan "Malam Muda Mudi Kota Global" di Thamrin-Sudirman.
 
Sebelum melakukan pengamanan, terlebih dahulu petugas gabungan akan melangsungkan apel di Monas.
 
"Kami mendapat arahan bawah kendali operasi (BKO) untuk membantu pengamanan "Malam Muda Mudi Kota Global" di Thamrin-Sudirman. Itu nanti akan laksanakan apel di Monas, itu titik pertama," kata dia.
 
Dilanjutkan dengan pengamanan di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) yang nantinya akan dikerahkan puluhan personel. Penjagaan juga akan dilakukan pada beberapa akses jalan raya di sekitar KBT.
 
"Kawasan KBT kami kerahkan 70 orang. Prioritas titiknya, yang tidak boleh ada gangguan, itu di titik akses menuju Rumah Sakit (RS) Duren Sawit, jembatan Jalan Pahlawan Revolusi yang merupakan akses masyarakat, kemudian di jembatan Cipinang Indah dan beberapa titik lainnya di Jalan Raden Inten, dan di Taman Pintu Air," paparnya.
 
Ketiga, pengamanan di tempat hiburan Old Shanghai Sedayu City Kecamatan Cakung yang nantinya akan dikerahkan sekira 40 personel.
 
"Nantinya pengamanan di lokasi tersebut akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian," kata Budhy.
 
Selain itu, pengamanan dilakukan juga di kawasan pasar ikan dan pasar hewan dekat Stasiun Jatinegara dan akan dikerahkan 40 personel.
 
"Kelima, di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) karena tidak ada permintaan pengamanan secara langsung, kami hanya bantu kelancaran lalu lintas saja. Mulai dari lampu merah Garuda Tamini Square sampai pintu 4 TMII," ucapnya.
 
Petugas juga akan ditempatkan pada perempatan jalan Pusat Grosir Cililitan (PGC) untuk menjaga keamanan dan mengendalikan arus lalu lintas.
 
“Tempat lainnya di perempatan PGC. Di situ ada pasar ikan juga, dikendalikan supaya tidak ada kemacetan. Kemudian ada beberapa gereja yang tetap dilakukan penjagaan gabungan dengan pos pengamanan. Ada Gereja HKBP Rawamangun, Gereja Santo Antonius Otista, dan Gereja Santa Anna Pondok Bambu," kata dia.
 
Selain itu, petugas yang mendapatkan tugas BKO, personel Satpol PP akan tetap melakukan penjagaan keamanan di titik keramaian masyarakat di kecamatan.
 
"Anggota yang tidak BKO, akan melakukan penjagaan di titik-titik keamanan yang berada di 10 kecamatan, seperti di Arion, Kecamatan Pulogadung," tutur Budhy.
 
Dia berharap saat perayaan tahun baru masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) mengingat kasus COVID-19 di Jakarta kembali naik.
Baca juga: Wali Kota Jaktim masih menemukan harga pangan naik saat sidak pasar
Baca juga: Jaktim minta usulan Musrenbang 2024 sesuai kebutuhan warga
Baca juga: 13 kios di Kompleks Skuadron Halim terbakar, satu orang terluka

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023