harga cabai, telur, dan ayam sudah stabil sehingga masyarakat Jakarta tidak perlu merasa khawatir dalam menghadapi pergantian tahun
Jakarta (ANTARA) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota Jakarta Pusat meninjau harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang tahun baru 2024.

Asisten Perekonomian dan Keuangan (Asperkeu) Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati bersama Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengecek stok dan harga pangan di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat.

"Di akhir tahun ini kami mengecek kembali ketersediaan termasuk juga harga dari bahan-bahan pangan. Kita ingin memastikan bahwa masyarakat Jakarta tidak kesulitan untuk mendapatkan  kebutuhan akhir tahun, termasuk juga dari sisi harga," kata Sri di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat.

Sri menjelaskan peninjauan ke Pasar Senen ini untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pangan dalam kondisi stabil menjelang berakhirnya tahun 2023.

Dari hasil peninjauan, ia menilai harga cabai, telur, dan ayam sudah stabil sehingga masyarakat Jakarta tidak perlu merasa khawatir dalam menghadapi pergantian tahun.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan harga bahan pangan khususnya di wilayah Jakarta Pusat cenderung mengalami penurunan.

"Semua pasar di wilayah Jakarta Pusat sudah terpantau, karena ini secara sistem akan dilaporkan dan dicek buktinya," kata Dhany.

Berdasarkan situs resmi info pangan yang dipantau secara terkini pada Jumat, sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga, yakni cabe merah keriting yang turun Rp10 ribu menjadi Rp70 ribu per kg, kemudian cabai merah besar turun Rp5.000 menjadi Rp80 ribu per kg dan cabai rawit hijau yang turun Rp5.000 menjadi Rp40 ribu per kg.

Komoditas lainnya terpantau stabil dari segi harga, seperti cabai rawit merah Rp90 ribu per kg, ayam ras potong Rp40 ribu per ekor dan telur ayam Rp26 ribu per kg.
Baca juga: MRT Jakarta sambut tahun baru dengan menggelar panggung hiburan
Baca juga: TransJakarta beroperasi 24 jam penuh pada malam Tahun Baru 2024
Baca juga: DLH DKI minta pengelola gedung buka akses toilet saat malam tahun baru

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023