stok beras yang berjalan saat ini sebanyak 4.767 ton, kemudian gula pasir sebanyak 87.705 kilogram, minyak goreng sebanyak 44.600 liter
Bantul (ANTARA) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebutkan stok bahan pokok strategis di daerah ini aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Dari aspek ketersediaan atau suplai bahan pokok secara umum di Bantul dalam kondisi aman dan cukup untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Sekretaris Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Husin Bahri di Bantul, Kamis.

Dia mengatakan berdasarkan pantauan di Gudang Bulog Pajangan Kabupaten Bantul bahwa terdapat empat komoditas pangan strategis yang mempunyai stok atau cadangan mencukupi dan siap untuk mendukung pasokan pangan pada Lebaran 2024.

Dia menyebutkan untuk stok beras yang berjalan saat ini sebanyak 4.767 ton, kemudian gula pasir sebanyak 87.705 kilogram, minyak goreng sebanyak 44.600 liter, kemudian tepung terigu sebanyak 27.275 kilogram.

"Di Bulog ada beberapa komoditas yang memiliki cadangan mencukupi. Beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir secara umum stok sudah dipersiapkan secara baik, apalagi beras stok sangat aman, karena beras cenderung kebutuhan paling tinggi," katanya.

Baca juga: Bantul selesaikan pekerjaan 28 ruas jalan hingga jelang Lebaran 2024

Lebih lanjut dia mengatakan selain ketersediaan bahan pangan yang cukup, untuk stabilisasi harga bahan pokok juga cenderung stabil, bahkan untuk komoditas beras harga semakin mengalami penurunan dari waktu ke waktu, saat ini terpantau Rp13.500 per kilogram untuk beras medium.

'Komoditas pangan strategis secara umum untuk perkembangan stabilitas harganya cenderung relatif stabil, dari 23 komoditas pokok strategis harga cenderung stabil, dan justru yang mengalami penurunan dam semakin turun itu beras," katanya.

Dia mengatakan sementara bahan pokok yang mengalami kenaikan harga berdasarkan pantauan di beberapa pasar tradisional wilayah Bantul adalah daging ayam yang saat ini mencapai Rp37.600 per kilogram dan daging sapi yang mencapai Rp133 ribu per kilogram.

"Namun untuk kebutuhan pangan pokok di pantauan lima pasar besar di Bantul yaitu Pasar Bantul, Pasar Niten, Pasar Pijenan, Pasar Imogiri dan Pasar Piyungan secara umum harganya cenderung stabil," katanya.

Baca juga: Bantul targetkan kunjungan 135 ribu wisatawan selama libur Lebaran

Baca juga: Dispar Bantul terjunkan personel bantu kelancaran sejumlah TPR wisata


Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024