Kami memastikan, stok bahan kebutuhan pokok di Sulbar menjelang Ramadhan tahun ini aman dan mencukupi.
Mamuju (ANTARA) - Stok bahan pokok di pasar tradisional dan ritel modern di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menjelang Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi aman, kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulbar Muhammad Najib Ali.

"Kami memastikan, stok bahan kebutuhan pokok di Sulbar menjelang Ramadhan tahun ini aman dan mencukupi," kata Muhammad Najib Ali, di Mamuju, Selasa.

Kepastian ketersediaan bahan kebutuhan pokok tersebut, kata Muhammad Najib Ali lagi, setelah Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Sulbar melakukan pemantauan dan pengecekan di pasar tradisional dan ritel modern di Sulbar.

Pemantauan itu, kata Muhammad Najib Ali, dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok, sekaligus menjaga agar tidak terjadi kelangkaan di pasar.

"Kami melakukan pemantauan di seluruh kabupaten, baik di ritel-ritel modern maupun di pasar tradisional. Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti distributor dan pemkab untuk mengantisipasi kekurangan atau kelangkaan bahan kebutuhan pokok," ujar Muhammad Najib Ali pula.

Hasil pemantauan yang dilakukan di Kabupaten Mamuju, ujarnya lagi, menunjukkan bahwa stok bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional dan ritel modern aman dan mencukupi.

"Kami menemukan pada ritel-ritel modern yang ada di Kabupaten Mamuju memiliki stok bahan kebutuhan pokok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama satu bulan ke depan," ujarnya lagi.

Ia menghimbau, agar para pedagang menjaga stok bahan kebutuhan pokok mereka menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri.

"Kami mengimbau agar para pedagang tidak melakukan spekulasi atau penimbunan bahan kebutuhan pokok, karena hal itu akan merugikan konsumen dan mengganggu stabilitas harga," katanya.

Pemantauan stok bahan kebutuhan pokok itu, ujarnya pula, akan terus dilanjutkan pada pasar tradisional yang ada di Mamuju, maupun di kabupaten lainnya di Sulbar.

"Kami akan melakukan pengecekan lebih detail dan mendalam di pasar tradisional. Kami akan memastikan bahwa stok bahan kebutuhan pokok aman dan terkendali hingga Lebaran," ujar Muhammad Najib Ali.
Baca juga: Penjabat Gubernur jamin harga kebutuhan pokok di Sulbar stabil

Pewarta: Amirullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024