Pada libur panjang yang diiringi libur akhir pekan ini diperkirakan jutaan orang akan memasuki DIY termasuk Bantul untuk merayakan dan menikmati libur Lebaran 2024. Lebaran Tahun ini kami menargetkan 135 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul
Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan 135 ribu wisatawan ke destinasi wisata daerah ini selama libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Selasa, mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, bahwa libur Lebaran 2024 jatuh pada 10-11 April ditambah libur cuti bersama pada 8, 9, 12, dan 15 April 2024.

"Pada libur panjang yang diiringi libur akhir pekan ini diperkirakan jutaan orang akan memasuki DIY termasuk Bantul untuk merayakan dan menikmati libur Lebaran 2024. Lebaran Tahun ini kami menargetkan 135 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul," katanya.

Menurut dia, target kunjungan wisata tersebut adalah akumulasi yang berkunjung ke semua destinasi wisata Bantul mulai dari objek pantai di sepanjang pantai selatan dan sejumlah objek wisata alam yang dikelola pemerintah daerah.

"Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis diprediksi masih menjadi destinasi andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, kemudian objek wisata di Desa Wisata Mangunan Dlingo," katanya.

Menurut dia, sudah menjadi tradisi tahunan bahwa para pemudik yang masuk Bantul juga merayakan liburan untuk berkunjung ke objek wisata, dan menurutnya para pemudik ini merupakan potensi yang harus ditangkap oleh para pelaku wisata.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata bersama-sama dengan stakeholder pariwisata diantaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata, dan usaha jasa pariwisata berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan menikmati Bantul.

"Kami bersama-sama stakeholder berupaya melayani wisatawan seoptimal mungkin. Kebersihan, keamanan, prosedur kesehatan sudah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan. Harapannya wisatawan menjadi nyaman saat berwisata di Bantul," katanya.

Baca juga: Dispar Bantul terjunkan personel bantu kelancaran sejumlah TPR wisata
Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 199.352 orang selama Januari 2024
Baca juga: Bantul minta wisatawan taati rambu peringatan di destinasi wisata


Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024