Kunjungan wisatawan ke Bantul selama Januari 2024 sebanyak 199.352 orang dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp1,9 miliar.
Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 199.352 orang telah mengunjungi berbagai destinasi wisata di daerah ini selama Januari 2024.

"Kunjungan wisatawan ke Bantul selama Januari 2024 sebanyak 199.352 orang dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp1,9 miliar," kata Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji di Bantul, Senin.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan tersebut rinciannya adalah sebanyak 171.563 orang berkunjung ke kawasan wisata Pantai Parangtritis yang menjadi satu dengan gumuk pasir.

"Kemudian jumlah pengunjung yang ke kawasan pantai wilayah barat sebanyak 26.442 orang, selanjutnya objek wisata Gua Selarong sebanyak 1.185 orang, dan objek wisata Gua Cerme sebanyak 162 orang," katanya.

Baca juga: Menparekraf sebut Bali sumbangkan 50 persen target kunjungan wisman

Dia mengatakan, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata ke Bantul, Dinas Pariwisata Bantul menggelar sejumlah event, diantaranya upacara adat tradisi "Labuhan Keraton Ngayogyakarta" di Cepuri Pantai Parangkusumo, pada Minggu (11/2).

Dia mengatakan, ritual upacara dilakukan di Pendopo Kecamatan Kretek dengan penyerahan sesaji dari Parentah Ageng Kraton Ngayogyakarta kepada Bupati Bantul.

Setelah itu uba rampe yang diantaranya berupa sembilan kain dengan corak dan warna khusus, uang, minyak koyoh, dupa, serta layon sekar (sejumlah bunga yang sudah layu dan kering) dibawa ke Pendopo Parangkusumo untuk diserahkan kepada juru kunci di Parangkusumo, sekaligus didoakan.

Baca juga: ITDC tawarkan insentif Imlek gaet wisatawan saat musim sepi kunjungan

Menurut dia, upacara tradisi tersebut dapat dimaknai sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena keselamatan yang telah diterima rakyat Kabupaten Bantul dan Ngayogyakarta

"Selain itu juga untuk memohon kepada Tuhan YME agar Sultan, keraton, rakyat Yogyakarta diberi keselamatan, ketenteraman, dan kesejahteraan hidup," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024