Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendeklarasikan Goa Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak atau tempat yang memberikan kenyamanan dan memperhatikan hak anak-anak.

"Deklarasi Goa Selarong menjadi destinasi pariwisata Ramah Anak yang sudah kita lakukan itu menjadi kesepakatan, kesepahaman kita bersama, artinya ini kita mulai uji coba," kata Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo usai deklarasi di Goa Selarong Bantul, Ahad.

Deklarasi destinasi pariwisata ramah anak tersebut merupakan kegiatan pendukung Lomba Kreativitas Seni 2022 berupa mewarnai dan melukis tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) di kawasan Goa Selarong, salah satu wisata alam di Bantul.

Dia mengatakan, tindak lanjut dari deklarasi itu, nantinya Dinas Pariwisata akan meminta arahan Bupati destinasi wisata ramah anak itu.

Baca juga: Goa Selarong tambah fasilitas wisata dongkrak kunjungan

Baca juga: Bantul regenerasi perajin batik lewat Destinasi Wisata Pembatik Cilik


"Nanti kemungkinan tidak hanya di Goa Selarong, tetapi destinasi lain yang memang representatif bisa dipergunakan kegiatan anak-anak kita, jadi regulasi nanti kita siapkan, dan akan kita dampingi terus supaya destinasi Selarong ini betul-betul bisa dipakai untuk kegiatan anak-anak," katanya.

Destinasi wisata ramah anak itu dalam rangka mewujudkan Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak. Saat ini Bantul pada level madya yang ditargetkan naik ke level nindya pada 2022, dan pada 2023 menduduki level utama, kemudian di 2024 harapannya sampai pada level Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan sektor pariwisata sebagai salah satu ruang lingkup kebijakan, dituntut untuk menyediakan pariwisata yang juga memenuhi indikator-indikator penyelenggaraan wisata yang ramah terhadap anak-anak.

Dia mengatakan Goa Selarong akan menjadi wajah kawasan wisata yang menarik untuk anak dengan wahana hiburan bermain anak yang memperhatikan usia anak, dan memberikan wadah pengembangan kreatifitas, minat dan bakat sesuai usia anak.

"Untuk mengembangkan kreativitas, minat dan bakat anak diperlukan kegiatan seperti lomba kreativitas seni yang menarik anak untuk ikut berpartisipasi dan juga dapat meningkatkan pendapatan pelaku wisata di Goa Selarong," katanya.*

Baca juga: Menggelar beragam atraksi wisata demi mendongkrak PAD Bantul

Baca juga: Dishub imbau bus wisata ke Mangunan tidak melewati jalur Cinomati

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022