Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan program terkait anak untuk meraih kabupaten layak anak (KLA) paripurna setelah mendapatkan penghargaan KLA kategori pratama dari pemerintah pusat.

"Dengan adanya penghargaan tingkat pratama tersebut, pemerintah daerah menyiapkan program terkait anak agar daerah ini bisa mendapatkan predikat KLA kategori paripurna," kata Wakil Bupati Lombok Tengah HM Nursiah pada peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Minggu.

Selama ini, menurut dia, Lombok Tengah sudah luar biasa dalam membuat program terkait anak, bahkan ada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tematik khusus anak-anak, yang kemudian menghasilkan berbagai macam aspirasi dari anak-anak yang ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dalam menyusun program.

Baca juga: Pemkab Bangkep bertekad menjadi kabupaten layak anak

“Usulan anak-anak kita luar biasa, mulai dari hak anak-anak hingga fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan anak-anak. Anak-anak kita memiliki ide dan gagasan yang luar biasa," katanya.

Oleh karena itu, komitmen pemerintah daerah dalam perencanaan penganggaran untuk anak sudah masuk dan pemerintah daerah menjadikan berbagai masukan anak-anak untuk perencanaan pembangunan 2024 mendatang mulai dari peraturan bupati hingga keikutsertaan anak-anak dalam pembangunan di Lombok Tengah.

“Perbup untuk anak ini sebenarnya sudah ada, termasuk bagaimana menangani dan mencegah kasus pernikahan dini sampai saat ini masih menjadi hal yang terus digalakkan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bogor tekad konsisten wujudkan kabupaten layak anak

 Meskipun demikian, kata dia, berbagai program yang ada selama ini harus dilakukan evaluasi agar ke depan KLA tingkat paripurna bisa didapatkan.

“Selesai peringatan Hari Anak Nasional ini, maka penting ada evaluasi dan perbaikan program atau penyesuaian program agar betul-betul nantinya kita meraih kategori KLA paripurna,” katanya.

Ia menegaskan peringatan Hari Anak Nasional ini menjadi momentum yang luar biasa bagi Lombok Tengah, karena sudah ada penilaian dari pemerintah pusat yang menjadikan daerah tersebut menjadi KLA tingkat pratama.

Baca juga: Dinsos-P3A Kulon Progo ajak masyarakat wujudkan Kabupaten Layak Anak

"Selama ini kami sudah memperhatikan hak-hak anak dengan berbagai program yang ada. Jadi, ada tugas di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memperhatikan anak," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023