Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Polri dan pemerintah menjaga kelancaran dan keamanan pada momentum pergantian tahun baru 2023 ke tahun 2024.

“Pemerintah pusat dan daerah beserta pihak kepolisian harus bisa memastikan momen pergantian tahun berjalan dengan lancar untuk masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia juga meminta pemerintah daerah bekerja sama dengan aparat keamanan guna mengantisipasi keramaian di malam pergantian tahun. Tidak hanya itu, ia juga meminta segenap pemerintah konsisten memantau sejumlah destinasi wisata.

“Selamat berlibur dan berkumpul bersama keluarga serta orang-orang terkasih. Pastikan berangkat dan kembali ke rumah dalam kondisi aman," pesannya.

Baca juga: Komisi III DPR minta Polri pertahankan kinerja untuk kepuasan publik

Baca juga: Polri tegaskan pelarangan penggunaan petasan di perayaan Tahun Baru

Baca juga: Kepala BNPT: 148 teroris ditangkap sepanjang tahun 2023


Hal itu disampaikan Puan terkait tingginya mobilisasi jelang momen pergantian tahun. Upaya ini menjadi krusial demi mewujudkan keamanan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat selama arus balik Natal 2023 dan arus mudik Tahun Baru 2024.

"Pastikan kelancaran untuk arus balik Natal 2023, dan arus mudik kedua jelang pergantian tahun. Mobilitas tinggi masyarakat harus menjadi perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait,” katanya menegaskan.

Menurut dia, banyak masyarakat yang juga memanfaatkan moda transportasi publik saat musim liburan. Sehingga Kemenhub beserta operator pelayanan di bandara, jalan tol, terminal, stasiun kereta api, dan pelabuhan harus terus siaga dan memberikan pelayanan terbaik.

“Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan untuk mengantisipasi kepadatan atau kemacetan di jalan raya atau jalan tol harus selalu disosialisasikan sehingga masyarakat yang melakukan perjalanan bisa terus memantau perkembangan,” pesannya.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Narkoba Polri tangkap 11.828 tersangka

Baca juga: Polri mutasi dan rotasi 483 personel termasuk pamen-pati

Pewarta: Fauzi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023