Kami tidak bosan mengingatkan kepada wisatawan, mereka tidak terlena bermain di pantai, tapi tetap memperhatikan keselamatan. Imbauan dan sosialisasi juga kami sampaikan kepada pengelola
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Wisatawan yang akan berkunjung di sejumlah pantai di wilayah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, saat libur akhir tahun diminta untuk mematuhi imbauan terkait keselamatan, termasuk mewaspadai adanya potensi cuaca buruk.

Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Kasat Polairud) Polres Malang AKP Slamet Subagyo di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa pihaknya telah menguatkan upaya sosialisasi kepada pengelola wisata pantai setempat.

"Kami tidak bosan mengingatkan kepada wisatawan, mereka tidak terlena bermain di pantai, tapi tetap memperhatikan keselamatan. Imbauan dan sosialisasi juga kami sampaikan kepada pengelola," kata Subagyo.

Subagyo menjelaskan, wisatawan yang akan menghabiskan libur perayaan Tahun Baru 2024, juga diminta untuk memperhatikan kondisi cuaca maritim yang mencakup kecepatan angin, ketinggian ombak dan karakteristik pantai setempat.

Menurut dia, dengan adanya sosialisasi kepada pengelola pantai, diharapkan bisa memberikan edukasi kepada wisatawan yang akan berkunjung untuk mematuhi aturan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Misalnya, jika tidak direkomendasikan untuk surfing, diving, snorkeling, hendaknya ditaati. Cukup bermain air di pinggir pantai saja. Diharapkan tidak melewati batas yang sudah ditentukan," katanya.

Ia menambahkan, dalam upaya untuk penanganan peristiwa jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah menyiagakan kurang lebih sepuluh personel dan tiga unit perahu yang ditempatkan pada sejumlah titik.

Di Pantai Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, lanjutnya, telah disiagakan dua unit perahu dan satu unit lainnya berada di kawasan Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur. Wilayah Kabupaten Malang, memiliki garis pantai mencapai 102,6 kilometer.

"Kami siagakan sejumlah kapal, pada sejumlah titik. Dengan harapan untuk efisiensi jika ada kejadian menonjol. Tapi kami berharap tidak ada peristiwa menonjol dan wisatawan mengikuti aturan dan imbauan yang disampaikan," katanya.
​​​​​​​
Satpolairud Polres Malang menyatakan siap mengantisipasi adanya peningkatan kunjungan wisatawan pada libur perayaan Tahun Baru 2024. Satpolairud Polres Malang juga melakukan sinergi bersama sejumlah instansi terkait untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami sudah siap. Ada kurang lebih 30 pantai besar di Kabupaten Malang, kami merangkul para pengelola, potensi SAR termasuk muspika setempat," katanya.

Kawasan selatan Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah tujuan wisata pantai yang cukup digemari masyarakat Jawa Timur. Beberapa pantai yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain adalah, Pantai Pantai Batu Bengkung, Pantai Kondang Merak, Pantai Sendang Biru, and Pantai Bajul Mati.

Baca juga: Wisata pantai di Malang kembali dibuka untuk wisatawan

Baca juga: Malang bidik 30 ribu wisatawan per hari ke Pantai Balekambang

Baca juga: Pengunjung Balekambang ditargetkan tembus 100.000 orang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023