memperkuat infrastruktur Bulog di daerah
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan program revitalisasi Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Sekretaris Eksekutif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Heru Dewanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, menjelaskan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu, berniat mengembalikan perannya seperti semula yakni sebagai pengendali harga pangan dan penampung komoditas dari petani.

"Salah satu caranya dengan memperkuat infrastruktur Bulog di daerah," katanya.

Ia menegaskan, Bulog akan membeli hasil produksi langsung dari petani, sehingga dapat menjaga kestabilan harga dari tingkat produsen ke petani, dengan membenahi infrastrukturnya. 

Lanjut dia, Bulog tidak akan hanya fokus pada komoditas beras.

Baca juga: Dirut Bulog pastikan stok beras aman untuk Ramadhan dan Lebaran 2024 

Lembaga yang kini berada di bawah koordinasi Badan Pangan Nasional itu juga bakal mengelola komoditas beragam jenis pangan lain, seperti jagung dan kedelai.

Terkait strategi mewujudkan Bulog menjadi instrumen pengendali harga komoditas pangan, Heru berkata pihaknya bakal terlebih dahulu memperbaiki anggaran untuk Bulog dan mereformasi manajemen pasokan pangan.

"Kami akan memperbaiki anggaran untuk Bulog, mereformasi manajemen stok, menggenjot produksi beras dalam negeri dengan pengelolaan yang terintegrasi hulu hilir (closed loop )," ungkapnya.

Selama ini kata dia, Bulog kerap dikritik karena tidak mampu menjaga stabilitas harga pangan, terutama beras. Operasi-operasi pasar yang dilakoni Bulog kerap tak efektif karena Bulog tak punya cadangan beras yang kuat di gudang-gudang mereka.

Pada 2023, misalnya, Bulog ditugasi pemerintahan Jokowi untuk mengimpor beras berkualitas medium hingga 3,5 juta ton beras. Stok beras Bulog yang diperkirakan hanya 1,7 juta ton, tak ideal untuk mengantisipasi ancaman El Nino.

Baca juga: Anies kenalkan program Pasar AMIN untuk atasi mahalnya bahan pangan

Manajemen keuangan Bulog juga kerap berantakan. Pada 2023, Bulog punya utang hingga Rp7 triliun untuk penyerapan gabah atau beras dari petani.

Di lain sisi, Bulog juga punya sekitar Rp16 triliun piutang yang hingga kini belum dibayarkan pemerintah.

Sebelumnya, Ganjar membeberkan tiga strategi menurunkan harga bahan pokok jika terpilih menjadi presiden. Strategi-strategi tersebut sukses dijalankan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Salah satunya adalah revitalisasi Bulog. Ganjar menegaskan bakal mengembalikan fungsi Bulog seperti semula jika terpilih sebagai presiden. Selama ini, Bulog kerap dianggap sebagai importir produk pangan dari luar.

"Bulog yang nantinya akan membeli hasil produksi langsung dari petani. Sehingga tidak bisa diliberalisasi dan bisa menjaga kestabilan harga," kata Ganjar menegaskan.

Baca juga: Prabowo dipastikan meneruskan program pembangunan food estate 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023