Jakarta (ANTARA) - Kelompok relawan Alumni Pertanian Indonesia (API) 02 mendukung program lumbung pangan (food estate) dari pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Relawan API 02 berkeyakinan program lumbung pangan menjadi salah satu strategi Indonesia mencapai swasembada pangan.

"Kami yakin Prabowo-Gibran bisa mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani melalui food estate," kata R. S. Suroyo, perwakilan API 02, saat mereka menyampaikan dukungan kepada Prabowo-Gibran di pelataran kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Sabtu (3/2).

API 02, yang mayoritas anggotanya anak-anak muda, optimistis kebijakan lumbung pangan juga dapat memperkuat ketahanan pangan nasional dan mengurangi ketergantungan Indonesia dari impor pangan.

Oleh karena itu, API 02 juga mendukung program-program Prabowo-Gibran soal pertanian, di antaranya industri pertanian berbasis teknologi canggih (smart farming) dan hilirisasi pertanian.

"Saat Prabowo-Gibran terpilih, kami mendukung terciptanya petani modern dengan modernisasi alat pertanian, mendukung penerapan smart farming, mendukung lahirnya Undang-Undang pertanian berkelanjutan, hingga hilirisasi pertanian untuk ciptakan nilai tambah," kata Suroyo.

Baca juga: Ahli nilai program makan siang Prabowo-Gibran perlu diwujudkan

Dukungan dari relawan API 02 diterima Komandan Bravo Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono.

Budisatrio menilai dukungan dari para sarjana pertanian menjadi suntikan energi baru bagi pasangan calon nomor urut 2.

Di hadapan para relawan, Budisatrio menyampaikan pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi sorotan Prabowo. Kepedulian kepada petani dan ketahanan pangan sudah terbentuk sejak Prabowo menjadi prajurit TNI.

"Bicara kedaulatan pangan dan kedaulatan negara, inilah yang Pak Prabowo perjuangkan sejak beliau masih di TNI hingga setelah beliau pensiun. Pertanian adalah fokus dan kecintaan beliau sampai hari ini," kata Budi, panggilan akrab Budisatrio.

Dia menyebut sektor pertanian menghadapi tantangan besar, mulai dari ancaman alih fungsi lahan, harga komoditas pertanian yang naik-turun, sampai perubahan iklim yang dapat memengaruhi produktivitas lahan pertanian.

Baca juga: Prabowo: Aku harus latihan debat, takut dikasih nilai rendah lagi

Terlepas dari itu, Budisatrio optimistis jika pasangan Prabowo-Gibran terpilih pada Pemilu 2024, berbagai tantangan itu dapat diantisipasi.

"Kami percaya hanya pasangan calon nomor urut 2 yang paham, mengerti, dan bisa mengimplementasikan penyempurnaan di sektor pertanian. Saat Prabowo-Gibran dilantik, teman-teman anak-anak muda sarjana pertanian yang hadir hari ini yang akan berpartisipasi aktif membantu wujudkan kedaulatan pangan di Indonesia," kata Budi.

Prabowo-Gibran hampir setiap hari, termasuk saat akhir pekan, menerima dukungan dari berbagai kelompok relawan dan masyarakat.

Deklarasi itu beberapa kali dihadiri oleh Prabowo, tetapi sering pula diwakili oleh perwakilan TKN Prabowo-Gibran. Umumnya deklarasi dukungan kepada Prabowo-Gibran itu digelar di pelataran kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 03.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Kemudian, pemungutan suara untuk memilih presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Fauzi Baadilla ajak relawan Prabowo-Gibran wujudkan pemilu damai
Baca juga: TKN sebut Prabowo Subianto dukung kepemimpinan anak muda
Baca juga: Prabowo-Gibran kompak menengok pameran lukisan anak bangsa 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024