Yogyakarta (ANTARA News) - Penjual selongsong ketupat mulai bermunculan di Kota Yogyakarta memasuki H-2 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Pamantauan Antara di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta, Selasa, terlihat beberapa pedagang mulai menjual selongsong ketupat dan janur atau daun kelapa muda untuk keperluan Idul Fitri.

Seorang pedagang ketupat, Parjiem mengatakan, mulai menjual ketupat dan daun kelapa muda mulai hari ini (Selasa,6/8).

"Saya menyediakan selongsong ketupat dan janur (daun kelapa muda) apabila pembeli ingin menganyam ketupat sendiri," kata penjual sayur asal Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Prgogo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Ia menyebutkan, selongsong ketupat masing-masing dijual Rp5000 per ikat dengan jumlah sepuluh ketupat. Sementara untuk daun kelapa muda dijual Rp4.000 per ikat atau per sepuluh helai.

Sementara dari penjualan itu, Parjiem mengaku mendapatkan hasil Rp200.000 dari mulai jualan pagi hingga sore pukul 16.00 WIB.

Pedagang ketupat lainnya di Pasar Lempuyangan, Kota Yogyakarta Jumadi mengatakan mulai berjualan ketupat pada Senin (5/8) malam. Menurut dia, rutinitas tersebut sudah dilakukan sejak Lebaran tahun lalu.

"Seperti pedagang ketupat lainnya, saya menjual selongsong ketupat selama dua hari. jadi besok saya sudah tidak jualan lagi,"katanya.

Menurut dia, peminat ketupat sebagai makanan khas Idul Fitri saat ini masih banyak. Bahkan, Ia memperkirakan pendapatan dari penjualan selongsong ketupat menjelang Lebaran tahun ini akan melebihi penjualan tahun lalu.

"Dulu selama dua hari saya mendapat laba Rp200.000. Sementara sekarang baru sehari saja sudah dapat Rp250.000,"katanya.

(KR-LQH/H008)

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013