Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat satu dunia Iga Swiatek membantu Polandia mengalahkan Brasil 3-0 di United Cup di Perth, sementara Zheng Qinwen membungkam juara Wimbledon Market Vondrousova saat China mengalahkan Ceko, Sabtu (30/12).

Swiatek memimpin negaranya, yang menjadi unggulan utama, meraih kemenangan grup pembuka dengan mempertahankan ketenangannya beberapa pekan setelah mengangkat trofi WTA Finals bulan lalu di Meksiko.

"Saya merasa damai untuk pertama kalinya, saya bisa fokus latihan dan istirahat," kata Swiatek usai mendominasi Beatriz Haddad Maia 6-2, 6-2, dikutip dari AFP, Minggu.

"Saya berharap menjadi lebih berbahaya musim ini – saya akan melakukan yang terbaik."

"Saya bersenang-senang di sini dan dapat berkonsentrasi pada tenis,” ujar juara French Open tiga kali berusia 22 tahun itu.

Swiatek mengatakan kemenangan atas Haddad Maia menunjukkan kekuatan mentalnya yang terisi kembali.

"Saya bekerja keras di pramusim dan mendapatkan banyak kepercayaan diri. Saya bisa bermain dengan bebas tanpa ada pemikiran lain yang dapat mengacaukan permainan saya," ujar Swiatek.

Rekan setimnya Hubert Hurkacz mengamankan kemenangan kedua hari itu dengan comeback 6-7 (4/7), 6-2, 6-3 atas Thiago Seyboth Wild untuk mengakhiri pertandingan.

Sementara itu, Zheng meraih kemenangan 6-1, 2-6, 6-1 atas pemegang gelar Wimbledon peringkat ketujuh Vondrousova.

"Itu hanyalah pertandingan biasa bagi saya," kata Zheng, yang dinobatkan sebagai petenis paling berkembang WTA 2023.

"Tidak masalah siapa yang saya hadapi. Saya senang dengan kemenangan ini dan bersemangat untuk tim saya," ujar berusia 21 tahun itu.

Kemenangan itu menyusul kesuksesan rekan setimnya Zhang Zhizhen yang mengalahkan Jiri Lehecka 5-7, 6-3, 6-4 dalam penampilan perdana China di turnamen beregu campuran itu.

Di lapangan lain, Alexander Zverev bangkit dari ketertinggalan satu set untuk mengalahkan petenis Italia Lorenzo Sonego 6-7 (5/7), 6-3, 6-4 dan meraih satu poin bagi Jerman di Sydney untuk mengawali musimnya dengan kemenangan.

Sebelumnya, Jasmine Paolini memberi Italia keunggulan 1-0 untuk mengalahkan Angelique Kerber 6-4, 7-5 dalam pertandingan pertama comeback mantan peringkat satu dunia asal Jerman itu setelah melahirkan.

Pada ganda campuran penentu, Kerber dan Zverev bekerjasama mengalahkan Angelica Moratelli dan Sonego 6-3, 6-0.

"Itu adalah hari istimewa bagi saya, kembali setelah sekian lama, bermain tunggal dan memiliki level tinggi di ganda," kata Kerber.

"Senang rasanya mendapatkan kemenangan pertama saya sejak kembali -- rasanya luar biasa."

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023