Jakarta (ANTARA) - Kampanye calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024 telah memasuki hari ke-33 pada Sabtu (30/12).

Pada hari tersebut sejumlah agenda kampanye telah dilalui tiga pasangan calon (paslon), yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Ketiga pasangan calon itu bergerilya untuk menemui masyarakat dalam rangka menyampaikan visi misi dan program kerja untuk memimpin bangsa lima tahun ke depan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 dari tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Berikut sejumlah agenda yang telah dilalui oleh ketiga kandidat calon pemimpin bangsa pada hari ke-33 kampanye.

Anies-Muhaimin

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada hari ke-33 kampanye menjadikan daerah di Provinsi Jawa Timur, sebagai tempat untuk menarik simpati dari masyarakat dan pendukungnya.

Anies pada hari ke-33 kampanye mengawali kunjungan dengan mampir di warung kopi Mbah Tekluk, yang berada di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, ia menikmati kopi dan juga jajanan khas di warung tersebut.

Pada kesempatan itu, Anies mengagumi kegigihan para pelaku usaha kecil sehingga harus dibantu, agar dapat terus berkembang jauh lebih baik, dengan diberikan bantuan modal, dan manajemen usaha.

Kegiatan Anies kemudian dilanjutkan dengan menghadiri deklarasi Kiai se-Kabupaten Ponorogo yang digelar di Pondok Pesantren Al-Iman Putri, Babadan, Ponorogo.

Anies berharap dengan deklarasi dari para Kiai Ponorogo, jalan menghadapi kontestasi politik lima tahunan ini diberikan kemudahan dan kelancaran.

"Dukungan dari poro kiai dari pondok pesantren menjadi bekal yang luar biasa bagi kami, ini betul betul penguat," kata Anies.

Anies juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pameran Ndalem Guron Tegalsari yang memamerkan peninggalan-peninggalan Kiai Ageng Besari di Ponorogo, Jawa Timur.

Sementara itu, Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar pada hari yang sama mengadakan sejumlah pertemuan dengan para petani, dan juga peternak, dalam rangka menyerap aspirasi serta keresahan yang dialami mereka.

Cak Imin mengaku setiap kali terjun ke tengah-tengah para petani, peternak, petambak, dan juga nelayan masih mengeluhkan permasalahan yang sama dari tahun ke tahun, yaitu terkait kelangkaan pupuk, solar, dan juga harga jual yang rendah.

Untuk itu, Cak Imin mengatakan, ketika pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) menang pada Pilpres 2024, maka konsentrasi paslon tersebut yaitu memperbaiki tata kelola pertanian dari hulu sampai hilirnya.

Hal itu kata Cak Imin, agar kebutuhan pangan dalam negeri dapat terpenuhi tanpa harus mengandalkan impor dari luar negeri.

"Kami siap untuk mengurangi impor sekecil-kecilnya. Dan memberikan petani harga sebaik-baiknya. AMIN 2024 ingin menang dalam rangka menyelamatkan nasib pangan kita," kata Cak Imin saat berkunjung di Madiun, Jawa Timur.

Prabowo-Gibran

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada hari ke-33 kampanye mengikuti sejumlah agenda yang telah disiapkan. Keduanya kini masih aktif dalam pemerintahan sehingga mengambil cuti untuk berkampanye.

Prabowo merupakan Menteri Pertahanan, Kabinet Indonesia Maju, dan Gibran masih aktif sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pada Sabtu (30/12) Prabowo berkampanye di Lapangan Rawamalang, Cilincing, Jakarta Utara, di sana ia bersama pempengaruh Bobon Santoso, melaksanakan kegiatan masak porsi jumbo dan berbagi makanan gratis kepada warga sekitar.

Sementara itu, pada hari yang sama Gibran melanjutkan kegiatan kampanye dengan blusukan ke Pasar Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gibran tidak sendiri namun ditemani istrinya Selvi Ananda yang turut membeli berbagai macam dagangan seperti sayur mayur, bawang putih, dan bawang merah.

Saat tiba di pasar tersebut, putra sulung Presiden Joko Widodo itu langsung dikerumuni para warga dan pedagang setempat. Mereka berebut berfoto dan bersalaman. Selain itu, Gibran juga membagikan buku kepada anak-anak.

Selain capres-cawapres, relawannya pun ikut serta berkampanye terutama yang tergabung pada Relawan Rumah Keluarga Bersama (RKB).

Relawan Prabowo-Gibran itu melakukan aksi bersih-bersih kampung sekaligus membagikan paket susu dan telur ayam kepada warga di kawasan Kampung Makasar, Jakarta Timur.

Ganjar-Mahfud.

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada hari ke-33 kampanye Pilpres 2024 memanfaatkannya dengan berkampanye di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Ganjar mengawali kampanye dengan blusukan di Pasar Tradisional Kebonagung, Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, di sana ia menyerap aspirasi dari berbagai kalangan.

Menurut Ganjar, pemerintah memang perlu hadir dan membantu para pedagang kecil. Saat di Jateng, dia memiliki program bernama Kredit Lapak, kredit murah khusus untuk para pedagang pasar.

Ganjar mengatakan untuk pedagang kecil dan UMKM ini, harus menunjuk satu bank agar bisa mengurusi permodalan mereka.

"Karena, mereka pasti butuh modal cepat dengan suku bunga yang rendah. Nanti, ditunjuk bank untuk memberikan kredit dengan suku bunga murah," kata Ganjar.

Setelah itu, Ganjar melanjutkan kampanye dengan "Peluncuran KTP Sakti" di Lapangan Bangsalan, Boyolali.

Ganjar mengatakan bahwa program KTP Sakti atau Satu Kartu Terpadu Indonesia, nantinya masyarakat hanya perlu menyertakan KTP untuk menerima beragam bantuan sosial antara lain Kartu Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu PKH juga ada program satu keluarga satu sarjana, beras miskin (raskin).

Ganjar menjanjikan, begitu memenangkan Pemilu 2024 mendatang, akan langsung mengerahkan tim ahli untuk membuat sistem keamanan data pribadi untuk program KTP Sakti.

Setelah acara di Boyolali selesai, Ganjar bersama Mahfud MD menghadiri acara konsolidasi akhir tahun di Jakarta, kegiatan tersebut bertepatan dengan 45 hari yang tersisa dalam masa kampanye menjelang pilpres 2024.

Dalam kesempatan itu, keduanya berpesan kepada para peserta yang hadir untuk tak lengah mengawasi kecurangan yang mungkin terjadi, hingga masa pencoblosan nanti.

Sementara itu, Mahfud MD mengingatkan agar para relawan tetap mempraktikkan kegiatan kampanye secara bersih.

"Jangan curang, jangan melakukan pelanggaran. Kita tidak akan pernah menggunakan politik uang karena itu adalah cara yang kotor dan tidak mendidik masyarakat. Kecurangan dan politik uang tidak akan menghasilkan pemilu yang berkah," kata Mahfud.

Baca juga: Anies ajak masyarakat kunjungi Museum Ndalem Guron di Ponorogo
Baca juga: Prabowo ganti helikopter sampai tiga kali demi temui warga Sukabumi
Baca juga: Ganjar tunggu tindakan Bawaslu terhadap dugaan pelanggaran Gus Miftah

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023