Jakarta (ANTARA) - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) tanda tangani kontrak pekerjaaan Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan kota Medan pada Kamis (28/12).

Pada kesempatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Prasarana Strategis, DJCK, Kementerian PUPR Essy Assiah, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafrid Tansier, Pejabat Pembuat Komitmen Prasarana (PPK) Strategis Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Muhammad Sulthoni Rahaman, serta Direktur Operasi I WEGE Bagus Tri Setyana.

Penandatanganan kontrak kerja ini turut disaksikan secara daring oleh Walikota Medan Bobby Nasution dengan turut mendampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Pulungan Harahap, serta Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Endar Lubis. 

Walikota Medan Bobby Nasution dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya. “Stadion ini merupakan kebanggan masyarakat kota Medan, Kami sangat berterima kasih dengan terselenggaranya proyek ini. Dan Kami juga akan berkomitmen untuk penggunaan anggaran yang sudah disepakati. Selain itu kami pun akan berkolaborasi dengan pelaksana dalam hal ini PT Wijaya Karya Bangunan Gedung dan pihak lainnya”, tutur Bobby Nasution.

Stadion Teladan merupakan markas bagi tim Ayam Kinantan PSMS Medan, dijadwalkan akan selesai sebelum Oktober 2024. Proses renovasi ini dilakukan dengan mengikuti standar dan ketentuan yang ditetapkan oleh FIFA. Kesepakatan kontrak untuk renovasi ini mencapai nilai sebesar Rp275 miliar, dengan estimasi waktu pelaksanaan selama 370 hari.

Stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat kota Medan ini memiliki gaya arsitektur Art-Deco yang didirikan pada tahun 1952. Selain sebagai tempat olahraga, Stadion Teladan juga dianggap sebagai cagar budaya karena memiliki nilai historis yang tinggi. Dalam proses renovasi, beberapa elemen arsitektur yang memiliki nilai sejarah akan tetap dipertahankan, memastikan bahwa identitas dan sejarah stadion tetap terjaga.

Sebagai informasi, pada hari yang sama sebelumnya bertempat di Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat. Direktur Operasi I WEGE Bagus Tri Setyana telah melakukan penandatangan kontrak pekerjaan Politeknik Manufaktur Bandung senilai Rp187,5 miliar yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat. Pada bagian facade gedung ini nantinya akan memiliki ornamen khas yang menarik membentuk pola simbol logo Kampus Politeknik Manufaktur.

Pada tempat yang berbeda bertempat di Hotel Platinum Balikpapan pada (28/12), Direktur Operasi II WEGE Akhmadi Tricahyono turut melaksanakan penandatangan kontrak pekerjaan Gedung Kementerian PUPR di Ibu Kota Nusantara (IKN) Wing 1 dan Masjid senilai Rp640,03 Miliar. Gedung perkantoran ikonik ini akan dibangun dengan konsep Green dan Smart Building. 

Selanjutnya pada hari yang sama di Gedung PIP2B - Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Direktur Operasi II WEGE Akhmadi Tricahyono menandatangai kontrak pekerjaan Pembangunan Stadion Surajaya Lamongan senilai Rp281,3 Miliar.  

Desain stadion ini akan mengutamakan kenyamanan suporter sesuai standar FIFA. Stadion Surajaya baru akan dilengkapi dengan tribun penonton dengan single seart, kamera CCTV, lampu 1.500 lux LED, dengan rumput jenis Zoysia Matrella. Selain itu juga turut dibangun area jogging track serta, dan fasilitas pendukung lainnya.

Perolehan Kontrak Baru WEGE Capai Rp5,13 Triliun

ANTARA/WEGE

Hingga Desember 2023, capaian kontrak baru WEGE telah mencapai Rp 5,13 triliun. Komposisi perolehan Kontrak Baru 2023 yang dicapai oleh Perseroan mayoritas berasal dari Pemerintah yaitu sebesar Rp 4,46 triliun atau setara 86,93 persen, BUMN sebesar Rp 256,81 miliar atau setara 5,00 persen, dan Swasta sebesar Rp 414,07 miliar atau setara 8,06 persen.

Adapun komposisi kontrak baru hingga Desember 2023 antara lain diperoleh dari proyek Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI (Center of Excellence) BMKG, Modern Office Jakarta, Renovasi Fasilitas Kesehatan dan Peribadatan Kab. Cianjur, Kantor Pemerintahan Papua Barat, Hunian ASN IKN, Gelanggang Olahraga Remaja Jakarta Timur, Gedung Kuliah Bersama V Universitas Muhammadiyah Malang, Gedung Labtek XV Institut Teknologi Bandung, Renovasi Venue PON XXI Banda Aceh, Stadion Surajaya Lamongan, Politeknik Manufaktur Bandung, Stadion Teladan Medan, Kantor PUPR Wing 1 IKN, Interior RS Pusat Pertamina Jakarta, Hotel Ombilin Sawahlunto, Apartemen Sky House Alam Sutera, Khay Ming School Surabaya, PMJ Land Tower Jakarta serta proyek-proyek lainnya dari lini bisnis Modular dan Konsesi WEGE.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023