Sukarelawan bisa memahami apa yang harus dikerjakan, kemudian dilaporkan terkait dengan kegiatan pada saat sebelum dan hari-H pencoblosan.
Jakarta (ANTARA) -
Gerakan Rakyat menyiapkan bimbingan teknis (bimtek) bagi sukarelawan untuk mengawal suara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid menjelaskan bahwa penyelenggaraan bimtek itu untuk mendidik sukarelawan agar mengerti tentang tata cara atau proses yang benar dalam pelaksanaan pemilu, khususnya saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 
"Sukarelawan bisa memahami apa yang harus dikerjakan, kemudian dilaporkan terkait dengan kegiatan pada saat sebelum dan hari-H pencoblosan," kata Sahrin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu.
 
Lebih dari 820.000 posko TPS di seluruh Indonesia yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pihaknya minimal akan mendidik 70 persen sukarelawan yang ada dari jumlah posko tersebut, sedangkan 30 persen lagi akan dilakukan oleh Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN.
 
Lebih dari 83.000 desa/kelurahan di Indonesia, pihaknya menyiapkan sedikitnya 10 sukarelawan di setiap TPS untuk menjadi petugas yang akan mengawal suara pasangan AMIN.
 
Sahrin menuturkan bahwa bimtek itu juga merupakan bentuk pendidikan politik bagi sukarelawan sehingga bisa mendorong terwujudnya pemilu yang berkualitas sesuai dengan prinsip jujur dan adil serta partisipatif.
 
"Jadi, bisa ditumbuhkan tingkat partisipasinya untuk mengawal pemilu," tutur dia.
 
Ia menyebutkan jumlah sukarelawan itu terdiri atas berbagai elemen masyarakat yang dengan sadar menginginkan adanya perubahan, sesuai dengan gagasan politik pasangan AMIN.
 
Selain mengawal perolehan suara, kata dia, sukarelawan juga akan bergerak menyosialisasikan visi dan misi paslon serta bekerja sama dengan Timnas AMIN.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023