Tidak ada Pak Mahfud, Ganjar juga datang.
Kabupaten Purworejo, Jateng (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo mengemukakan alasan batal merayakan pergantian malam tahun baru bersama dengan Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md.

"Enggak karena Pak Mahfud tadi malam batuk-batuk gitu jadi kami minta istirahat," kata Ganjar usai mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Iman Bulus, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu.

Oleh sebab itu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut menuturkan bahwa pihaknya menggantikan Mahfud untuk mengunjungi Ponpes Al Iman Bulus.

"Makanya, hari ini harusnya jadwalnya bukan saya, aslinya Pak Mahfud. Spanduk selamat datangnya Pak Mahfud. Itu betapa kompaknya Mahfud dan Ganjar. Tidak ada Pak Mahfud, Ganjar juga datang," katanya.

Sementara itu, Ganjar turut memberikan tip kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut agar dapat menjaga kesehatan, terutama pada masa kampanye Pemilu 2024.

"Ya, olahraga, vitamin, dan istirahat maka saya bilang Prof, istirahat aja Prof, besok (31/12) saya yang berangkat," katanya.

Ia melanjutkan, "Tetapi saya ini juga bindeng-bindeng."

Sebelumnya, Ganjar dan Mahfud mengungkapkan bakal merayakan malam tahun baru 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

"Saya di Semarang. Pak Mahfud di mana Pak?" tanya Ganjar kepada Mahfud usai menghadiri acara Konsolidasi Akhir Tahun Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan Relawan Ganjar-Mahfud di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (30/12).

"Di Semarang juga," kata Mahfud menjawab pertanyaan Ganjar.

Ganjar mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan untuk bertemu dengan Mahfud pada momen perayaan tahun baru.

"Oh nanti kami ketemu ya. Oh mau jalan juga bareng, bisa juga ketemu sama beliau (Mahfud)," kata Ganjar.

Baca juga: Ganjar tidak mempermasalahkan pertemuan Jokowi dengan kepala desa
Baca juga: Ganjar siap anggarkan Rp4 triliun insentif guru agama se-Indonesia


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023