TMII menyelenggarakan beragam acara yang dapat dinikmati masyarakat luas diantaranya, pesta kembang api, penampilan band, DJ Dangdut Koplo, pergelaran seni budaya
Jakarta (ANTARA) -
Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menggelar pesta "Sukaria" selama 12 jam menyambut pergantian malam Tahun Baru 2024.

"Kami berharap pengunjung yang datang ke TMII pada libur akhir tahun dapat menikmati beragam aktivitas yang telah disediakan. Mulai dari konser musik, seni tradisional, festival kuliner, hingga pertunjukan wayang kulit siap menyambut pengunjung. We provide 100 persen of happines in TMII, pokoknya liburan di TMII pasti seru, enggak ada habisnya," kata Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang di Jakarta, Minggu.
 
Menurut Claudia, pada libur akhir tahun ini, TMII menyelenggarakan beragam acara yang dapat dinikmati masyarakat luas diantaranya, pesta kembang api, penampilan band, DJ Dangdut Koplo, pergelaran seni budaya, festival kuliner, dan wayang kulit semalam suntuk bersama dalang Ki Sri Susilo Tengkleng.
 
"Untuk anak-anak kami juga menyediakan fasilitas taman bermain  Hompimpark (permainan anak tradisional seperti egrang, bakiak), arena balance bike, sanggar (workshop) melukis/mewarnai, dan night at the museum," kata Claudia.
 
Anjungan-anjungan daerah yang ada di TMII pun turut memeriahkan malam pergantian tahun dengan adanya Ketoprak Mataram di anjungan Yogyakarta, Irama Melayu di anjungan DKI Jakarta, Bengkulen Musik Dholl di anjungan Bengkulu, Lampung Ceria Berjaya Sa Bumi Ruai Jurai di Anjungan Lampung, serta musik dan tari Melayu di anjungan Riau.
 
Claudia pun mengajak seluruh masyarakat Jakarta untuk merayakan malam pergantian tahun di dalam kompleks taman yang ikonik ini.

"Acara tahun baru di TMII dipersiapkan untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan penuh kemeriahan bagi seluruh pengunjung," tuturnya.

TMII juga menyelenggarakan pertunjukan air mancur menari Tirta Cerita, kata Claudia, sebuah harmonisasi perpaduan pertunjukan multimedia dengan layar air dan air mancur serta pencahayaan 300 pesawat nirawak (drone), yang sebelumnya rutin ditampilkan setiap hari mulai pukul 18.30 WIB.

"Selama libur Natal dan tahun baru ini pertunjukan Tirta Cerita akan ada penambahan jam tayang. Air Mancur Menari Tirta Cerita ini merupakan 'the biggest fountain show in Jakarta dan the biggest fountain show with drone in South East Asia," kata dia.
 
Untuk para pecinta kuliner, terdapat Festival Pempek & Foodtruck serta kuliner khas daerah lainnya. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan rekreasi lainnya, termasuk kunjungan ke taman burung, taman reptil, menaiki kereta gantung, atau piknik santai bersama keluarga dengan tersedianya banyak area terbuka hijau.
 
Dalam memberikan rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke TMII, manajemen TMII juga menggandeng pengamanan kawasan bersama unsur TNI dan Polri dengan tersedianya beberapa titik tenda/pos pelayanan keamanan serta pos kesehatan.
 
Manajemen TMII memberlakukan harga tiket masuk khusus selama pekan yaitu sebesar Rp50.000/orang. Pengunjung diimbau untuk membeli tiket secara daring di www.tamanmini.com untuk menghindari antrean panjang di pintu masuk.
Baca juga: Begini rekayasa lalu lintas sekitar tempat wisata di Jakarta
Baca juga: Wajah baru TMII yang lebih segar usai direvitalisasi
Baca juga: Sandiaga prediksi TMII bakal dipadati 50 ribu pengunjung di tahun baru

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023