Batam (ANTARA) - Polresta Barelang (Batam, Rempang, Galang) di Kepulauan Riau meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum perayaan Tahun Baru 2024.

Hal tersebut disampaikan Kabag Operasi Polresta Barelang, Komisaris Polisi ZAC Tamba, saat pelaksanaan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024, di Batam, Minggu.

Baca juga: Polda NTT gelar apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun

Ia menyampaikan apel dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan kesiapan baik dari aspek personil maupun sarana dan prasarana,serta keterlibatan seluruh personil Polresta Barelang.

"Perayaan Tahun Baru 2024 maupun Natal secara universal dirayakan melalui ibadah dan perayaan tahun baru di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian," kata Tamba.

Baca juga: Polda Sulut kerahkan 800 personel pengamanan tahun baru di Manado

Ia menyebutkan peningkatan aktivitas masyarakat sangat berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban, keselamatan, Ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Dengan begitu, dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, Polri mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif secara manusiawi. "Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, serta berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Satpol PP Jaktim kerahkan 652 personel amankan tahun baru

Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Kepulauan Riau, Komisaris Besar Polisi Zahwani Pandra Arsyad, menjelaskan, terdapat 1.450 personel yang disiagakan dalam kegiatan Operasi Lilin Seligi 2023.

Ia menyampaikan Polda Kepulauan Riau juga menjaga beberapa objek keramaian yang biasanya dikunjungi masyarakat untuk berlibur akhir tahun, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: Pelayanan publik di NTB tetap buka pada libur Natal-Tahun Baru

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023