Sepanjang Januari hingga Oktober 2023 (realisasi layanan REC di Karawang) sebanyak 186.522 unit yang terjual.
Karawang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kabupaten Karawang menyebutkan puluhan perusahaan yang berada di wilayah Karawang, Jawa Barat telah menggunakan energi baru terbarukan melalui Renewable Energy Certificate (REC).

Asisten Manajer Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN Karawang Chumaidi Rahman, di Karawang, Minggu, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menawarkan layanan REC kepada pelanggan atau perusahaan yang ada di Karawang.

"Sepanjang Januari hingga Oktober 2023 (realisasi layanan REC di Karawang) sebanyak 186.522 unit yang terjual," katanya pula.

Sementara untuk jumlah perusahaan yang telah memanfaatkan layanan REC di Karawang hingga kini mencapai 27 perusahaan.

Ia menyebutkan bahwa perusahaan yang akan memanfaatkan layanan REC di Karawang akan terus bertambah, sebab ada poin plus atau keuntungan bagi perusahaan yang memanfaatkan layanan tersebut.

Di antara keuntungan perusahaan yang memanfaatkan layanan REC ialah dapat digunakan oleh perusahaan sebagai opsi pengadaan untuk pemenuhan target penggunaan energi terbarukan yang transparan dan diakui secara internasional.

Menurut dia, kepemilikan REC menandakan bahwa listrik pemilik REC dihasilkan oleh sumber listrik dengan nol emisi.

"Jadi kami akan terus menawarkan layanan REC ini kepada pelanggan atau perusahaan yang belum memanfaatkan layanan REC dari PLN," katanya lagi.

REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN yang bertujuan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan energi baru terbarukan yang transparan, akuntabel dan diakui internasional tanpa harus mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan layanan REC di Karawang ialah PT Pupuk Kujang.

Direktur Operasi dan Produksi PT Pupuk Kujang Robert Sarjaka mengatakan bahwa dalam menjalankan operasinya, Pupuk Kujang terus berkomitmen mendukung program industri bersih yang konsisten sesuai dengan anjuran pemerintah.

PT Pupuk Kujang melakukan penandatanganan perjanjian jual beli 1.800 unit REC per bulan atau setara dengan 1.800 megawatt-hours (mWh) per bulan dengan PLN Karawang. Penandatanganan itu dilakukan sekitar pertengahan tahun lalu.

Direktur Operasi dan Produksi PT Pupuk Kujang Robert Sarjaka mengatakan, dengan adanya pemanfaatan REC diharapkan Pupuk Kujang bisa berkontribusi mempercepat pencapaian target pembauran energi baru terbarukan.

Pihaknya memanfaatkan layanan REC, karena sudah menjadi tuntutan akan penggunaan sumber energi yang ramah lingkungan dalam proses produksi pupuknya. Hal itu juga sebagai bukti nyata kolaborasi sekaligus transisi menuju energi terbarukan. 
Baca juga: PLN luncurkan layanan sertifikasi energi terbarukan
Baca juga: PLN Jatim luncurkan produk pendukung energi hijau

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023