Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengimbau warga untuk tidak melakukan arak-arakan kendaraan atau konvoi memperingati tahun baru atau saat malam pergantian tahun demi menjaga kondusif wilayah.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengatakan, aktivitas pawai kendaraan maupun tindakan menyalakan petasan saat malam pergantian tahun dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca juga: Polresta Barelang tingkatkan pengamanan perayaan Tahun Baru 2024

"Khusus masyarakat yang melaksanakan kegiatan pergantian malam tahun baru kami ingatkan agar tidak menggunakan petasan dan juga melakukan konvoi karena itu membahayakan. Apalagi membawa minum-minuman keras dan senjata tajam," katanya, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu.

Ia mengatakan, pemerintah daerah bersama TNI dan polisi meningkatkanan keamanan dan ketertiban guna meminimalisir gangguan yang berpotensi menciptakan suasana tidak kondusif akibat aktivitas malam pergantian tahun.

Baca juga: Polda NTT gelar apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun

"Atas nama pemerintah daerah, bersama seluruh unsur Forkopimda, saya mengimbau dan mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi agar dapat bersama-sama menciptakan suasana kondusif, aman, dan tenteram, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada momentum pergantian tahun tengah malam ini," katanya.

Ia mengajak segenap warga untuk merayakan malam pergantian tahun dengan cara-cara yang sederhana bersama keluarga, saudara, teman dan sahabat atau aktivitas terbatas lain secara positif.

Baca juga: Polda Sulut kerahkan 800 personel pengamanan tahun baru di Manado

Kegiatan itu bisa diisi tasyakuran malam pergantian tahun, diskusi mengenai capaian sepanjang tahun serta proyeksi untuk tahun mendatang, maupun menikmati hidangan yang telah disiapkan sebelumnya.

"Kita juga sudah menginstruksikan camat untuk bisa memberikan ruang di wilayah masing-masing supaya masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun tidak terlalu harus berlalu-lalang kesana-kemari, karena bisa menimbulkan kemacetan," ucap dia.

Baca juga: Satpol PP Jaktim kerahkan 652 personel amankan tahun baru

Kepala Polres Metro Bekasi, Komisaris Besar Twedy A Bennyahdi, mengatakan, pengamanan wilayah pada periode Natal hingga 2 Januari 2024 melibatkan 1.319 personel gabungan dengan kode sandi Operasi Lilin Jaya 2023.

Ia juga telah menyiagakan personel gabungan tersebut di sejumlah simpul keramaian saat malam pergantian tahun untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat pada momentum dimaksud.

"Sudah kita siagakan, titik-titiknya antara lain di Distrik 1 Lippo Cikarang, Taman Sehati Stadion Wibawa Mukti, Jababeka, juga di ruas-ruas jalan utama Kabupaten Bekasi," kata dia.

Baca juga: Satpol PP DKI siapkan personel dan pos pengamanan di malam tahun baru

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023