Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyatakan ingin memberikan pendidikan politik bagi anak muda melalui forum diskusi dengan pasangan calon nomor urut 1.

"Kami ingin menjadi bagian orang yang mendidik demokrasi untuk anak muda, bukan hanya gemoy dan joget saja," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Usamah Abdul Aziz ketika dihubungi melalui telepon di Jakarta, Minggu.

Usamah mengatakan bahwa pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) lebih memilih mengedukasi para pemuda melalui forum diskusi yang terus diadakan ketika mengunjungi daerah-daerah di Indonesia.

Diskusi yang dilakukan kata Usamah, yaitu dengan mengadakan program Desak Anies dan Slepet Imin, program tersebut merupakan kampanye pasangan AMIN kepada kalangan muda.

"Melalui diskusi ini aspirasi pemuda bisa didengar langsung dan mereka juga dapat bertanya secara langsung permasalahan (kepada pasangan AMIN)," tuturnya.

Usamah menambahkan selain melalui diskusi, Anies juga memberikan pendidikan politik dengan siaran langsung melalui platform media sosial yang tidak memerlukan biaya besar.

Mengingat kata Usamah, Anies Baswedan tidak memiliki dana yang besar untuk membayar pemengaruh dan juga buzzer, namun dengan bermodal telepon genggam saat ini telah bisa menyapa masyarakat.

"Selain itu karena Pak Anies tidak mempunyai anggaran yang besar dan kami tidak bisa bayar buzzer atau pemengaruh jadi sekarang Pak Anies turun langsung melalui live di tiktok. Konsepnya sederhana tidak berbicara politik, pilpres, tapi berbicara terkait masalah kehidupan," katanya.

Sebelumnya, KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas: kampanye kreatif upaya perkenalkan AMIN kepada pemilih pemula

Baca juga: Timnas AMIN soal penganiayaan sukarelawan paslon lain: Usut tuntas

Baca juga: Timnas AMIN optimistis menang dua putaran di Pilpres 2024

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023