Jakarta (ANTARA) - Pihak kepolisian menyiapkan jalur evakuasi sebagai bentuk pengamanan bagi masyarakat yang menikmati malam perayaan Tahun Baru 2024 di Jalan MH Thamrin hingga ke Jalan Sudirman.
 
"Kami harus menyiapkan jalur evakuasi darurat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Minggu.

"Yang sakit dan sebagainya dan tentunya kami berharap semua masyarakat yang hadir khususnya di kawasan Bundaran HI ini bisa sama-sama waspada menjaga barang bawaan termasuk juga kendaraan yang mungkin akan diparkir jauh dari lokasi bundaran HI," kata Susatyo. 
 
Susatyo menyebut, sebanyak 1.350 personel gabungan berjaga untuk pengamanan malam tahun baru di sepanjang jalan car free night.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan di kawasan Jakarta Pusat karena terdapat 11 panggung yang akan menjadi rangkaian kegiatan.
 
"Kawasan Jakarta Pusat ini, memang terdapat 11 panggung yang akan menjadi rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam Jakarta Carnaval, dan tentunya kekuatan personil yang diturunkan itu adalah 1350 personel gabungan TNI/Polri juga dari Pemprov DKI," jelas Susatyo.
 
Selain itu, Susatyo mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan penyelenggara panggung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Susatyo juga memprediksi dari 11 panggung yang berada di Jakarta Pusat akan diisi 3.000 sampai 5.000 orang. Sementara 30 ribu orang akan memadati Bundaran HI di malam pergantian tahun baru.
 
"Setiap panggung itu situasinya mungkin akan sangat padat. Total mungkin yang akan berkumpul di Bundaran HI ini bisa mencapai 50 ribu orang," ucap Susatyo.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan drone).
 
Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.
 
Pada segmen pertama Gemilang Silang Monas akan menampilkan pemutaran video, air mancur menari, hiburan dan sebagainya.
 
Lalu, ke arah barat daya Monas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendirikan panggung pembukaan yang bernama Jakarnaval (Jakarta Karnaval). Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.
 
Jakarnaval juga akan menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Baca juga: Usai hujan, warga mulai padati Monas rayakan Tahun Baru 2024

Baca juga: Dinas PPKUKM hadirkan bazar dan festival di malam Tahun Baru 2024

Baca juga: Dinkes DKI sediakan ambulans dan posko kesehatan di malam tahun baru

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023