Jambi (ANTARA) - Tim SAR Jambi mengevakuasi sebelas orang penumpang Kapal Pompong yang mengalami mati mesin dan terapung apung di peraiaran Ujung Jabung Kabupaten Tanjabtim.

"Tim SAR dibantu TNI Angkatan Laut berhasil mengevakuasi dengan selamat seluruh para penumpang kapal yang hendak berlayar dari Tanjabtim menuju pulau Berhala yang dii tengah lautan mesin kapal mati," kata Kepala Basarnas Jambi Kornelis, di Jambi Minggu.

Baca juga: Basarnas Kendari evakuasi 77 penumpang kapal yang alami mati mesin

Ke-11 penumpang kapal tersebut kini sudah kembali ke tempat asalnya setelah jalani pemeriksaan oleh tim medis dan kondisinya sehat.

Kejadian itu terjadi pukul 14.30 Wib, Unit Siaga SAR Nipah Panjang menerima informasi dari salah satu orang tua korban bahwa telah terjadi satu kapal pompong mengalami mati mesin di perairan Ujung Jabung Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi.

Baca juga: Basarnas Bengkulu evakuasi Kapal Pan Europe karena penumpang sakit

Untuk kronologinya bahwa kapal pompong tersebut hendak pergi menuju ke Pulau Berhala dengan membawa
penumpang sebanyak 11 orang. Saat di tengah perjalanan kapal tersebut mengalami mati mesin.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim Unit Siaga SAR Nipah Panjang bergerak menuju lokasi menggunakan Perahu RIB 01 bersama dengan Polairud dengan estimasi jarak sekitar 9 NM atau 60 menit.

Pada pukul 15.50 Wib Tim SAR temukan kapal pompong tersebut dan langsung mengevakuasi seluruh Penumpang kembali ke dermaga Nipah Panjang dalam keadaan selamat.

Baca juga: Evakuasi penumpang kapal terbakar di Cilegon gunakan "crane"
Baca juga: Petugas evakuasi penumpang yang kapalnya tenggelam di Kepulauan Seribu

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023