"Tercatat dari 147 orang itu terdiri dari 53 laki-laki, perempuan 39 orang, anak laki-laki 25 orang dan anak perempuan 30 orang,"
Medan (ANTARA) - Polres Pelabuhan Belawan menyatakan sebanyak 147 pengungsi asal Rohingya tiba di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara karena kapal terdampar.

"Tercatat dari 147 orang itu terdiri dari 53 laki-laki, perempuan 39 orang, anak laki-laki 25 orang dan anak perempuan 30 orang," ujar Kepala Polres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban di Medan, Minggu malam.

Ia mengatakan kronologi kejadian berawal dari tiga unit kapal berangkat dari Aceh. Kemudian, kata Janton diperjalanan salah satu kapal membawa penumpang mengalami kebocoran.

"Lalu pada Minggu, 31 Desember 2023 sekira pukul 06.30 WIB kapal yang mengalami kebocoran tersebut bersandar ke pulau di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli," kata Janton.

Sementara itu, kata Kapolres Pelabuhan Belawan calo yang membawa pengungsi Rohingya tersebut melarikan diri dengan mengikuti dua kapal lainnya.

"Langkah kepolisian yang telah dilakukan diantaranya memasang police line di lokasi, koordinasi dengan Pemerintah Deli Serdangang, koordinasi dengan imigrasi, UNHCR dan lainnya," tuturnya.

Janton menambahkan pengungsi Rogingya saat ini masih berada di pulau tersebut dengan penjagaan dari aparat keamanan maupun penduduk setempat.

"Untuk perlu diketahui akses ke sana susah karena melalui jalur laut dan sinyal di sana tidak ada," ucap Janton.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023