Depok (ANTARA) -
PT PLN (Persero) menyiapkan 624 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 411 titik lokasi untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik selama periode mudik Natal 2023 dan tahun baru 2024.
 
"Dalam rangka mudik ini kami mempersiapkan 624 stasiun pengisian kendaraan listrik umum di 411 lokasi," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo di Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa Madura Bali, Depok, Jawa Barat pada Minggu.
 
Selain itu, PLN juga menyiagakan personel nya di setiap lokasi SPKLU untuk membantu pemudik saat pengisian kendaraan listrik.
 
Darmawan mengungkapkan, jumlah transaksi di SPKLU pada tahun ini meningkat 4 kali lipat dibandingkan transaksi pada tahun lalu. Selain itu, konsumsi energi untuk kendaraan listrik juga meningkat lebih 4,5 kali lipat dibandingkan tahun lalu.
 
"Artinya di sini kami melihat bahwa penggunaan mobil listrik dalam rangka mudik tahun baru ini bisa berjalan dengan lancar juga kami melihat animo masyarakat di sini sangat baik sekali," ujar Darmawan.
 
Untuk memenuhi kebutuhan listrik selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PLN menyiapkan daya mampu pasok listrik sebesar 50 gigawatt.
 
Darmawan menyebutkan, beban puncak listrik pada Natal-tahun baru kali ini sebesar 35 gigawatt atau meningkat 11 persen dibanding beban puncak listrik pada tahun lalu.
 
"Dengan kondisi beban puncak 35 gigawatt dan daya mampu pasok 50 gigawatt maka pasokan listrik dalam rangka menjaga natal dan tahun baru 2024 adalah dalam kondisi aman," kata Darmawan.
 
Untuk mengawal ketersediaan listrik selama natal dan tahun baru, PLN menyiapkan 1.800 genset, 750 Uniterruptable Power Supply (UPS), dan 1100 unit gardu bergerak. Selain itu, sebanyak 81 ribu personel juga turut disiagakan.
 
"Dalam hal ini kami betul-betul mengerahkan seluruh kekuatan kami agar ini bukan hanya dalam kerangka strategis high level tetapi juga operasional di lapangan," tutur Darmawan.

Baca juga: Jasa Marga sediakan 17 SPKLU untuk periode libur natal dan tahun baru
Baca juga: PLN: Penyediaan SPKLU dorong pembangunan ekosistem kendaraan listrik
Baca juga: Dukung penggunaan kendaraan listrik, BPKP luncurkan SPKLU di Matraman

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024