Banyumas (ANTARA News) - Arus kendaraan yang melintas di jalur selatan Jawa Tengah (Jateng) khususnya ruas Wangon--Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, pada H-1 Lebaran terpantau menurun.

Dari pantauan ANTARA, Rabu pagi, kepadatan arus kendaraan yang melintas di ruas jalan nasional tersebut jauh berkurang dibanding beberapa hari sebelumnya.

Bahkan, sesekali ruas jalan tersebut tampak lengang dalam beberapa saat karena tidak ada kendaraan yang melintas.

Kendati demikian, pemudik bersepeda motor masih sering terlihat melintas dari arah Jakarta maupun Bandung.

"Arus kendaraannya tidak telalu padat, hampir seperti kondisi pada hari-hari biasa," kata salah seorang pengelola warung internet di Jalan Raya Timur Wangon, Aan (33).

Kondisi tersebut juga terlihat di ruas jalan batas Jabar--Jateng hingga Wangon yang tidak telihat adanya peningkatan arus kendaraan dari arah Bandung.

Demikian pula dengan ruas Jalan Raya Ajibarang--Wangon yang merupakan jalan penghubung jalur pantai utara (pantura) dengan jalur selatan Jateng, arus kendaraan yang datang dari arah Jakarta/Cirebon tidak terlalu padat seperti beberapa hari sebelumnya.

Terkait kondisi tersebut, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Polisi Chalid Mawardi mengimbau pemudik khususnya yang bersepeda motor untuk tetap waspada dan konsentrasi di jalan agar selamat sampai tujuan.

"Kalau mengantuk atau letih, silakan beristirahat dulu, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013