Jakarta (ANTARA) -
Sukarelawan Gerakan Rakyat membentuk jaringan sukarelawan pendukung Anies-Muhaimin (AMIN) dalam Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2024 dari kalangan milenial dan generasi Z yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Muda (GRM).
 
Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid mengatakan bahwa jaringan sukarelawan itu untuk mewadahi kalangan pemilih pemula atau Gen Z dan milenial agar lebih peduli dengan proses berjalannya pemilu, serta membantu mengampanyekan visi dan misi pasangan AMIN.
 
"Saat ini mereka sedang mengorganisasi diri sehingga dalam waktu dekat mereka akan menjadi wadah untuk kalangan Gen Z dan milenial agar terlibat dalam pemilu," kata Sahrin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Sahrin mengatakan bahwa Ketua GRM untuk tingkat nasional sudah terpilih. Dalam waktu dekat akan mendeklarasikan diri sebagai salah satu jaringan sukarelawan pendukung pasangan AMIN.
 
Ia menjelaskan bahwa jaringan sukarelawan itu merupakan upaya untuk merespons minat para anak muda usia 18 hingga 30-an tahun yang ingin terlibat aktif dalam pemilu tahun ini sehingga bisa mendapatkan pendidikan politik guna mengawal pesta demokrasi di Indonesia.
 
Ke depan, kata dia, GRM akan berkoordinasi dengan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN serta Gerakan Rakyat yang sudah lebih dahulu terbentuk dan mewadahi kaum intelektual lintas profesi.
 
Dalam waktu dekat, pembentukan GRM hingga tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia guna menjaring pemilih bimbang (undecided voters) dari kalangan anak muda di setiap daerah.
 
Selain mengampanyekan gagasan perubahan AMIN, pria yang juga menjadi Juru Bicara Timnas AMIN itu menuturkan bahwa pihaknya akan memberdayakan sukarelawan Gerakan Rakyat Muda untuk membantu mengawal perolehan suara pada hari pencoblosan pilpres mendatang sehingga bisa mendorong terwujudnya pemilu yang jujur dan adil.

Baca juga: Timnas AMIN ingin berikan pendidikan politik anak muda lewat diskusi
Baca juga: Timnas: kampanye kreatif upaya perkenalkan AMIN kepada pemilih pemula

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024