Moskow (ANTARA News) - Seorang senator Rusia pada Rabu mengusulkan penggalangan bagi  buron Amerika Serikat, Edward Snowden, yang keuangannya menipis.

Snowden, yang pada pekan lalu mendapatkan suaka di Rusia, telah menghabiskan lebih dari lima pekan di wilayah singgah bandar udara Moskow. Pengacaranya mengatakan Snowden kini berada di tempat rahasia.

Ruslan Gattarov, anggota majelis tinggi parlemen Rusia, yang mengepalai komite tentang perlindungan data, mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa dia sudah didekati "blogger" dan pengusaha teknologi informasi, yang menawarkan dana untuk Snowden.

"Kami mengatakan bahwa Snowden membutuhkan uang dan mereka siap untuk membantunya. Saya mengatakan permohonan dana itu adalah tepat waktu," kata Gattarov seperti dikutip AFP.

Gattarov mengatakan sebuah situs internet khusus dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan uang dan menjelaskan bahwa sumbangan untuk Snowden bisa datang dari luar negeri maupun dari Rusia.

Presiden AS Barack Obama pada Selasa mengatakan  "kecewa" dengan keputusan Rusia untuk memberikan suaka sementara satu tahun untuk Snowden.

(Uu.H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013