Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung mencatat pada 2023 pergerakan penumpang di bandar udara tersebut mencapai 920.295 orang.

"Di penghujung 2023 Bandara Radin Inten II mencatat kenaikan pengguna transportasi udara yang melalui bandar udara ini sebesar 33,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujar EGM Bandara Radin Inten II Untung Basuki melalui keterangannya di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, bahwa selama 2023 pergerakan penumpang di bandara mencapai 920.295 orang penumpang, atau meningkat dibandingkan dengan 2022 yang jumlahnya sebanyak 689.354 orang penumpang.

"Tahun 2023 ini ditutup dengan adanya peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat yang cukup signifikan. Sementara itu, untuk pergerakan pesawat di Bandara Radin Inten II juga terjadi peningkatan yaitu sebesar 20,6 persen," ucapnya.

Dia melanjutkan untuk pergerakan pesawat baik lepas landas ataupun mendarat sepanjang 2023 tercatat berjumlah 6.810 pergerakan pesawat. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya 5.645 pergerakan.

"Peningkatan pergerakan tersebut terjadi karena semakin meningkatnya minat masyarakat untuk berpergian menggunakan transportasi udara. Dan kami optimis di 2024 akan ada peningkatan pergerakan penumpang ataupun pesawat," kata dia.

Menurut dia, peningkatan pergerakan lalulintas penerbangan di 2024 tersebut ditunjang dengan adanya rencana penambahan rute baru yakni, rute Bali dan Yogyakarta serta peningkatan pelayanan dan fasilitas di bandara yang akan menambah minat bagi masyarakat Lampung menggunakan moda transportasi udara.

"Untuk pergerakan penumpang pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tercatat sebanyak 38.603 orang penumpang. Pada periode ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya dengan periode yang sama yang hanya berjumlah 25.980 orang penumpang. Dan diprediksi angkanya masih akan terus bergerak dikarenakan periode Natal dan Tahun Baru akan berakhir sekitar 4 Januari 2024," tambahnya.

Ia melanjutkan pada periode Natal dan Tahun Baru terdapat 288 pergerakan pesawat, sedangkan tahun lalu tercatat ada 230 pergerakan.

"Harapannya di 2024 ini sektor transportasi udara dapat terus membaik, seiring dengan semakin meningkatnya minat masyarakat dalam melakukan kegiatan perjalanan melalui transportasi udara, dan terus mengarah kepada tren yang semakin positif,” ujar dia.

Baca juga: Bandara Radin Inten layani penerbangan ekstra saat libur akhir tahun

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024