Karawang (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengoptimalkan 15 gardu tol operasi serta penyiagaan 20 mobile reader di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) menyusul adanya penerapan one way di jalan Tol Cipali arah Jakarta.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, dalam keterangannya yang diterima di Karawang, Senin, mengatakan pihaknya mendukung penerapan one way, guna antisipasi lonjakan kendaraan dari arah Timur menuju Jakarta pada prediksi puncak arus balik musim libur tahun baru 2024 pada Senin ini.

Ia menyebutkan bahwa Jasa Marga juga memastikan kalau sarana dan prasarana yang ada di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek beroperasi dengan optimal.

Lisye mengatakan, Jasa Marga melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengoptimalkan 15 gardu tol operasi serta penyiagaan 20 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama sebagai gerbang tol yang juga melayani lalu lintas one way dari arah Jalan Tol Trans Jawa.

"Kami juga menyiapkan petugas serta perambuan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kepadatan di hari ini yang diprediksi menjadi puncak arus balik musim libur Natal dan tahun baru," katanya.

Di jalan Tol Jakarta-Cikampek, katanya, pada Senin malam ini tengah diterapkan contraflow dari KM 72 sampai KM 36 ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Penerapan contraflow itu dilaksanakan secara situasional berdasarkan diskresi Kepolisian.

Lisye menyampaikan, dengan penerapan one way di jalan Tol Cipali arah Jakarta, maka bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur (Jalan Tol Cipali) dialihkan ke GT Cikampek KM 72 untuk melanjutkan perjalanannya melalui jalur Pantura dan masuk kembali ke Jalan Tol Trans Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Sementara bagi pengguna jalan dari arah Bandung (Cipularang/Padaleunyi) menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung masih bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal. 
Baca juga: Jasa Marga terapkan "lawan arus" di Jalan Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Jasa Marga kembali berlakukan contraflow di ruas Tol Jagorawi
Baca juga: 19.239 kendaraan kembali ke Jakarta melalui GT Cikatama
Baca juga: Jelang libur tahun baru, 376 ribu kendaraan tinggalkan Jabotabek

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024