... 10 kereta tambahan di Stasiun Gambir untuk transportasi pemudik.
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 6.745 pemudik sehari jelang Lebaran tahun ini menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir ke sejumlah tempat yang dilewati kereta kelas eksekutif dan bisnis PT KAI Daop I Jakarta.

Pos komando hubungan masyarakat (Posko Humas) Stasiun Gambir pada pukul 14.00 WIB mencatat bahwa jumlah penumpang yang berangkat pada Rabu tersebut terdiri dari 4.292 penumpang kelas eksekutif dan 2.453 kelas bisnis.

Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan kuota kereta di Stasiun Gambir lebih mengkhususkan kelas eksekutif daripada bisnis.

Data penumpang tersebut berasal dari keseluruhan 34 kereta, termasuk kereta tambahan yang berangkat dari stasiun terbesar di Jakarta itu menuju sejumlah kota di Pulau Jawa.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) I Jakarta, Sukendar Mulya, mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 10 kereta tambahan di Stasiun Gambir untuk transportasi pemudik. Delapan diantaranya beroperasi mulai tujuh hari jelang Lebaran (H-7), dan dua lainnya baru akan beroperasi mulai Minggu (11/8).

Secara keseluruhan hingga Rabu sore, PT KAI Daops I Jakarta mencatat, 19.854 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Gambir.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013