Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga bulu tangkis kini menyisakan sebanyak 12 turnamen penting yang masuk dalam periode kualifikasi Olimpiade (Race to Paris) yang bergulir hingga 28 April tahun ini.

Dikutip dari keterangan resmi Olimpiade, Selasa, turnamen pembuka tahun ini adalah Malaysia Open yang akan digelar pada 9-14 Januari.

Tahun lalu, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluar sebagai juara turnamen BWF Super 1000 tersebut.

Lebih lanjut, pekan berikutnya yaitu pada 16-21 Januari, akan bergulir turnamen BWF Super 750 India Open yang bakal diadakan di New Delhi.

Dua atlet tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta Fajar/RIan menyelesaikan turnamen ini sebagai semifinalis di edisi tahun 2023.

Beralih ke pekan berikutnya, satu-satunya turnamen BWF Super 500 akan diadakan di Istora Senayan melalui Indonesia Masters. Ajang ini bakal digelar pada 23-28 Januari dan dipastikan wakil tuan rumah siap untuk bertanding di hadapan para pendukungnya.

Pada edisi tahun lalu, Jonatan Christie meraih gelar juara setelah mengalahkan rekan satu negaranya, Chico Aura Dwi Wardoyo. Selain itu, ada juga ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga menyabet gelar juara Indonesia Masters 2023.

Baca juga: PBSI memulai pokja satgas Road to Olimpics Paris pada Januari 2024

Kalender awal tahun masih begitu padat, dengan adanya dua turnamen BWF Super 300 berturut-turut. Pertama adalah Thailand Masters (30 Januari-4 Februari), dan German Open (27 Februari-3 Maret).

Di Thailand Masters 2023, Leo/Daniel kembali merebut gelar juara, sementara di German Open 2023, Indonesia pulang tanpa membawa medali apa pun.

Pada 5-10 Maret, French Open siap bergulir di kota tuan rumah Olimpiade 2024. Pada tahun lalu, Jonatan Christie menyabet gelar juara sekaligus gelar Super 750 perdananya. Sementara, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi runner-up French Open 2023.

Pekan kedua Maret diisi dengan dua turnamen sekaligus, dengan Orleans Masters (BWF Super 300) di Orleans dan All England Open (BWF Super 1000) di Birmingham.

Tahun lalu, dua pasangan ganda putra Indonesia Fajar/Rian dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memperebutkan gelar juara di babak final, yang akhirnya dikunci oleh Fajar/Rian.

Selanjutnya pada pekan 19-24 Maret, akan diadakan dua turnamen sekaligus yaitu Swiss Open (BWF Super 300) di Basel, dan Ruichang China Masters (BWF Super 100) di Ruichang.

Lalu pada 26-31 Maret, akan ada Madrid Spain Masters (BWF Super 300) yang digelar di Madrid, Spanyol. Pada edisi tahun lalu, ada tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang keluar sebagai juara.

Turnamen penutup untuk mengumpulkan poin kualifikasi adalah Kejuaraan Bulu Tangkis Asia yang akan digelar pada 9-14 April. Anthony Ginting mengamankan gelar juara di edisi tahun lalu.

Baca juga: PBSI siap kerja ekstra untuk hasil lebih baik pada kompetisi 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024