Sebanyak 127.654 penumpang itu dengan berbagai tujuan dengan kereta yang paling banyak dipesan tujuan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Malang dan Surabaya
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, mencatat sebanyak 127.654 penumpang menggunakan kereta api saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sejak 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

"Sebanyak 127.654 penumpang itu dengan berbagai tujuan dengan kereta yang paling banyak dipesan tujuan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Malang dan Surabaya," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro di Jember, Selasa.

Berdasarkan data, jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 1 Januari 2024 dengan total sebanyak 10.705 penumpang yang tersebar dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 mulai dari Pasuruan hingga Banyuwangi.

"KAI Daop 9 Jember menyediakan 20 perjalanan KA dan 22 perjalanan KA pada hari-hari tertentu dengan total 222.264 tempat duduk disediakan yang terdiri atas KA jarak jauh dan lokal selama masa angkutan Natal dan tahun baru," tuturnya.

Ia menjelaskan perjalanan rangkaian KA selama libur Natal dan tahun baru terpantau lancar dan tidak ada kendala yang signifikan karena pihak KAI selalu mengutamakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, bebas asap rokok dan bebas macet.

Baca juga: KAI Jember prediksi puncak arus balik liburan pada 1 Januari 2024

Baca juga: KAI Jember temukan 17 penumpang miliki tiket tidak sesuai identitas


Puncak kepadatan arus mudik pada saat libur Natal terjadi pada Sabtu (23/12) dengan 10.158 penumpang, sedangkan puncak arus balik libur Natal terjadi pada Selasa (26/12) yang bertepatan dengan hari terakhir cuti bersama dengan penumpang yang naik kereta dari wilayah Daop 9 Jember sebanyak 10.282 penumpang.

Sementara seorang penumpang KA Sritanjung, Kristina mengaku senang menggunakan moda transportasi kereta api untuk liburan Natal dan tahun baru karena nyaman dan bebas asap rokok, serta tepat waktu tiba di stasiun tujuan.

"Setiap merayakan Natal, kami selalu ke Yogyakarta untuk berkumpul bersama keluarga besar di sana dengan menggunakan kereta api dari Jember. Kami pelanggan setia kereta," katanya.

Baca juga: Hari ini puncak kepadatan penumpang libur Natal di KAI Daop Jember

Baca juga: KAI Jember catat 61.422 tiket kereta untuk libur natal sudah dipesan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024