Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku memberikan penghargaan kepada para mahasiswa yang berhasil menjuarai lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.

"Saya memberikan apresiasi kepada delegasi Universitas Pattimura yang meraih juara tiga pada lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional di Surabaya, Jawa Timur," ucap Rektor Unpatti, Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa.

Lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional itu diselenggarakan oleh Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya dalam rangka hari jadinya yang pertama.

Baca juga: Kemendikbudristek pastikan program afirmasi Unpatti tepat sasaran

Pada ajang tersebut, AMN mengangkat tema "Mahasiswa sebagai agen transformasi sosial dan kebudayaan" dengan subtema "Aktualisasi peran dalam mewujudkan Indonesia emas 2045".

Ketiga mahasiswa Unpatti yang mengikuti lomba tersebut, yakni Sheila Imanuella Thenu dari Program Studi Teknik Perminyakan, Okfrianti Adeleydia M. Takome dari Program Studi Teknik Sipil dan Jessica Julieta Sahertian dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Kolaborasi ketiganya menghasilkan karya tulis ilmiah yang berjudul "Rancang Bangun Aplikasi Web Berbasis Community Based dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir di Provinsi Maluku".

Kegiatan ini diikuti oleh 100 perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, dan untuk kawasan Indonesia timur hanya diikuti oleh delegasi Universitas Pattimura.

Rektor Unpatti mengatakan hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi kampus berjuluk Hotumesse itu.

"Walaupun masih di semester satu, mereka dapat membuktikan dan mengharumkan nama Upatti di tingkat nasional dan ini tentu membantu pencapaian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) kedua," ujar Prof Fredy Leiwakabessy.

Rektor berharap dengan prestasi yang diraih ketiga mahasiswa Unpatti tersebut, dapat memotivasi mahasiswa lainnya dalam berkompetisi, baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Baca juga: Unpatti menggalakkan gerakan 1.000 startup digital di Maluku

Baca juga: Unpatti kirim 14 atlet ke Pomnas Banjarmasin 2023


“Kita harus bersama-sama mengikuti seluruh kompetisi yang ada agar kita tidak tertinggal jauh dari perguruan tinggi lainnya. Jangan hanya karena kurangnya rasa percaya diri, membuat kita merasa tertinggal," tuturnya.

Sementara itu, salah satu delegasi Unpatti Sheila Imanuella Thenu mengaku bangga atas pencapaian yang diraih bersama teman lainnya.

“Untuk berada di posisi atau juara tiga pada lomba ini tentu bukan hal yang mudah, mengingat kami masih mahasiswa baru yang kurang pengalaman dan tentu banyak kendala yang dihadapi dari penyusunan karya tulis ilmiah ini, mulai dari memikirkan ide hingga menjadi karya tulis. Tapi, kami percaya ketika dilalui bersama-sama, semuanya akan dilancarkan," ucapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024