Subkelompok makanan selalu dominan menyebabkan inflasi pada bulan Desember....
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menyatakan inflasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau pada momen perayaan natal dan tahun baru atau inflasi di bulan Desember relatif tinggi setiap tahun.

“Subkelompok makanan selalu dominan menyebabkan inflasi pada bulan Desember, yaitu cabai merah, bawang merah, tomat, beras, telur ayam ras, dan cabai rawit (pada tahun 2023),” ujar Amalia, di Kantor BPS, Jakarta, Selasa.

Secara historis, inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau pada Desember 2020 sebesar 1,49 persen secara bulanan (month to month/MoM). Angka inflasi bulanan tersebut menjadi terbesar kedua di tahun 2020, hanya lebih rendah dari Januari 2020 karena pada saat itu harga cabai merah dan cabai rawit masih mengalami inflasi yang cukup tinggi.

Selanjutnya, pada Desember 2021, terjadi inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,61 persen MoM, tertinggi ketiga pada tahun tersebut.

Adapun pada Desember 2022, inflasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,57 persen MoM, terbesar ketiga di tahun 2022.

“Angka ini hanya lebih rendah dari April 2022 karena pada bulan April ada momen Idul Fitri yang jatuh pada awal Mei 2022 dan juga Juni 2022, karena pada saat itu harga cabai merah di bulan Juni dan cabai rawit masih mengalami inflasi yang relatif tinggi,” ujar dia lagi.

Memasuki Desember 2023, inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau MoM sebesar 1,07 persen.

Selain kelompok makanan, minuman, dan tembakau, kelompok transportasi serta kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya turut menjadi penyumbang inflasi bulanan Desember 2023.

Kelompok transportasi memberikan andil terhadap inflasi umum sebesar 0,06 persen, terutama disebabkan oleh inflasi tarif angkutan udara.

Catatan menunjukkan bahwa jumlah penumpang angkutan udara selalu meningkat di bulan Desember akibat liburan akhir tahun. Permintaan masyarakat untuk jasa penerbangan udara juga meningkat seiring dengan adanya momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), juga momen tahun baru, dan libur sekolah di bulan Desember.

“Begitu pun juga dengan komoditas rekreasi yang meningkat permintaannya. Kelompok rekreasi, olah raga, dan budaya menyumbang andil terhadap inflasi umum sebesar 0,01 persen, utamanya disebabkan oleh inflasi komoditas rekreasi,” kata Amalia.
Baca juga: BPS: Seluruh komponen mengalami inflasi pada Desember 2023
Baca juga: IHSG awal tahun ditutup menguat seiring inflasi dalam negeri stabil


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024