Kapal-kapal China memasuki wilayah itu pada Rabu dan masih berada di sana Kamis pagi
Tokyo, Jepang (ANTARA News) - Tokyo mengatakan pihaknya memanggil Duta Besar (Dubes) Beijing setelah kapal-kapal pemerintah China memasuki wilayah Jepang dekat perairan kepulauan di tengah sengketa antara dua raksasa Asia itu.

Kapal-kapal China memasuki wilayah itu pada Rabu dan masih berada di sana Kamis pagi, kata kementerian luar negeri Jepang, menandai serbuan terpanjang sejak sengketa panjang yang mendidih dan meletus lagi tahun lalu.

Tokyo mengeluarkan protes kepada Pejabat Dubes Han Zhiqiang atas insiden terbaru itu, seorang juru bicara kementerian luar negeri Jepang kepada AFP.

"Pihak China menyatakan sikapnya... dan mengatakan tidak bisa menerima protes Jepang," katanya setelah bertemu dengan para diplomat China pejabat Jepang.

Penerobosan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian kemunculan kapal-kapal pemerintah China di sekitar Kepulauan Senkaku beberapa bulan terakhir.

Beijing juga mengklaim gugusan kepulauan itu, yang disebutnya Diaoyu.

Kepulauan Laut China Timur terletak di kawasan yang kaya perikatanan. Kepulauan di Laut China Timur itu terletak di daerah nelayan yang kaya dan diyakini pelabuhan sumber daya alam yang besar di bawah dasar lautnya.

China mengeluarkan kritik keras setelah Jepang pada Selasa meluncurkan kapal perang terbesarnya sejak Perang Dunia II, senilai 1,2 miliar ditujukan untuk memainkan peran utama dalam misi bencana dan penyelamatan, serta membela jalur laut dan wilayah Jepang.
(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013