Untuk keberangkatan dan kedatangan di terminal domestik dan internasional sama-sama padat meskipun saat ini bertepatan Hari Raya Idul Fitri.
Denpasar (ANTARA News) - Arus mudik melalui Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pada hari H Idul Fitri 1434 Hijriah, Kamis, terpantau padat, baik keberangkatan maupun kedatangan penumpang domestik dan internasional.

"Untuk keberangkatan dan kedatangan di terminal domestik dan internasional sama-sama padat meskipun saat ini bertepatan Hari Raya Idul Fitri," kata Ketut Dana selaku penanggung jawab Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran 2013 Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, di Denpasar, Kamis.

Pergerakan penerbangan berjadwal untuk rute domestik mulai pukul 08.00-17.00 Wita, terdapat 30 kali frekuensi penerbangan dari sejumlah maskapai penerbangan di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Indonesia Air Asia, dan Merpati.

Kota tujuan paling banyak yang dilayani maskapai penerbangan tersebut di antaranya Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Kepadatangan lalu lintas udara juga ditunjukkan di keberangkatan internasional mulai pukul 12.55-22.45 Wita dengan 30 frekuensi penerbangan yang dilayani sejumlah maskapai penerbangan di antaranya Singapore Airlines, Virgin Blue Airlines, KLM, Air Asia, Cathay Pacific, Qatar Airlines, Jetstar Airlines dan beberapa maskapai penerbangan internasional lainnya.

Sebagian besar rute internasional itu menuju beberapa kota di Australia, Kuala Lumpur, Singapura, Hong Kong, dan Malaysia.

Sementara itu data dari posko setempat menunjukkan pada H-1 Lebaran pada Rabu (7/8) jumlah penumpang domestik yang meninggalkan Pulau Dewata sebanyak 12.620 orang yang diangkut dengan 105 armada atau naik tujuh persen jika dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 11.789 orang.

"Jumlah itu paling tinggi dari H-7 pada 1 Agustus lalu, ini berarti puncak mudik terjadi pada H-1 Lebaran," ujar Dana.

Jika dibandingkan periode sama tahun 2012, jumlah itu melonjak naik sekitar 17 persen dengan jumlah penumpang domestik yang berangkat mencapai 10.780 orang.

Sedangkan untuk penumpang yang tiba di terminal kedatangan domestik tetap tinggi yang mencapai 14.508 orang yang diangkut dengan 108 armada pesawat.

Dana memperkirakan kepadatangan arus penumpang baik diterminal kedatangan maupun keberangkatan domestik akan terjadi hingga H+7 setelah Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

Pewarta: Dewa K. Sudiarta Wiguna
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013