Jakarta (ANTARA) -
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar berziarah di makam Habib Husein Luar Batang di Jalan Luar Batang V, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Selasa petang.
 
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tiba di lokasi makam pada pukul 17.25 WIB, bersama rombongan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), setelah sebelumnya menjemput aspirasi di kampung nelayan yang berada kecamatan yang sama.
 
Saat tiba di area makam, yang berada di dalam Masjid Jami' Keramat Luar Batang, Muhaimin langsung mengambil wudhu untuk menyucikan diri sebelum memasuki tempat ibadah dan pemakaman yang berada di salah satu sudut ruangan.
 
Mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu menggunakan kemeja putih dan peci hitam, saat melakukan ziarah dengan rombongan Timnas AMIN.
 
Berdasarkan aturan dari pengelola makam, rombongan yang hadir juga dibatasi untuk masuk, sehingga hanya terbatas beberapa orang saja yang bisa memasuki area ruang pemakaman.
 
Dalam agenda tersebut, pria yang kerap disapa Cak Imin itu berdialog dengan pengelola masjid dan makam, setelah sebelumnya memanjatkan doa di makam almarhum Habib Husein Luar Batang.
 
Diketahui, Masjid Jami Keramat Luar Batang dibangun Habib Husein pada Abad ke-18. Habib Husein merupakan seorang tokoh penentang Kolonial Belanda di kawasan Sunda Kelapa. Dia wafat pada 24 Juni 1756 dalam usia yang relatif muda, yaitu kurang dari 40 tahun.
 
Hingga kini, masjid itu hampir setiap hari didatangi peziarah, karena di dalam kompleks masjid terdapat ruang makam keramat Habib Husein bin Abubakar Alaydrus dan asistennya, seorang keturunan Tionghoa bernama Habib Abdul Kadir.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo terima dukungan dari Ponpes Genggong di Probolinggo

Baca juga: ISSES: Prabowo Subianto miliki pengalaman bidang pertahanan

Baca juga: Cara baru dukung Prabowo-Gibran, TKN luncurkan situs Fotober2.AI

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024