... yang banyak salah pemimpinnya, jadi ya saya yang datang minta maaf, bukan rakyatnya yang datang ke saya... "
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jaya, Joko Widodo, ber-salam tempel kepada warganya di Kampung Tanah Koja, Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Kamis, yang menjadi warna tersendiri dalam keliling kotanya pada hari pertama Lebaran kali ini. 

Yang namanya tradisi berlebaran antara pemimpin kepada rakyatnya, itu juga yang terjadi saat Jokowi ber-salam tempel itu. Warga setempat menyambut meriah kehadiran Jokowi yang hadir bersama istrinya, Iriana Widodo, sekitar pukul 11.00 WIB itu.

Salam tempel yang dimaksud jelas bukan harfiah cuma bersalaman dengan menempelkan atau menggenggam jari jemari.

Kerumunan warga mengerubungi dia, berebutan bersalaman langsung dengan lelaki berperawakan kurus tinggi itu. 

"Saya ke sini dalam rangka Lebaran, serta meminta maaf lahir dan bathin kepada warga di sini, dan warga Jakarta lainnya," ujar Jokowi, kepada warga kampung Tanah Koja, Jakarta, Kamis.

Sebagai gubernur DKI Jakarta, Jokowi merasa banyak melakukan kesalahan dan kekurangan dalam membuat keputusan atau pun membuat kebijakan, sehingga dia merasa perlu meminta maaf kepada warganya.

Ada beberapa langkah dia yang merusak zona kenyamanan dan kemapanan situasi bagi segelintir warga. Sebutlah rencana tiang monorel di Jalan Fatmawati, pemindahan pedagang kaki lima ke Blok G Pasar Tanah Abang, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, masalah sampah di lingkungan perumahan, belum dia sentuh secara lebih serius; sebagaimana terjadi di Jalan Pratekan, Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. 

Sampah di Jalan Pratekan itu sejak lama menggunung dan sangat mencemari hingga lebih 100 meter di jalan pemukiman yang terdapat SD Negeri 03 Rawamangun, yang pernah ambruk pada November 2012. 

Tidak ada langkah serius konsisten apapun dari pemerintahan provinsi tentang ini. 

"Karena yang banyak salah pemimpinnya, jadi ya saya yang datang minta maaf, bukan rakyatnya yang datang ke saya," ujarnya.

Dia cuma sebentar menggelar silaturahmi Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, seusai shalat Ied, Kamis pagi. Selepas itu, dia langsung "cabut", keliling-keliling kota dan menyapa warga sambil berlebaran. 

Pada Lebaran hari pertama ini, Jokowi berencana merayakan Lebaran bersama warga Jakarta di lima daerah, yaitu Tanah Tinggi di Jakarta Pusat, Jagakarsa di Jakarta Selatan, Daan Mogot di Jakarta Barat, Jatinegara Kaum di Jakarta Timur, dan Pademangan di Jakarta Utara.

Minal aidin walfaizin, Pak Jokowi... 

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013